News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Begini Rancang Bangun Jalur Perkeretaapian di Kaltara

Begini Rancang Bangun Jalur Perkeretaapian di Kaltara

Kaltara.News - Harapan masyarakat Kalimantan Utara untuk dapat menikmati transportasi kereta api bukan lagi sebatas mimpi. Sebab, Pemerintah Provinsi telah menyusun rancang bangun dan studi kelayakannya.

Kepala Bidang Perhubungan Dishubkominfo Kalimantan Utara, Aswandi, mengatakan, tanggal 26 Oktober ini akan ada finalisasi studi kelayakan.

"Trase awal yang dicanangkan adalah jalur kereta api Tanjung Selor-Mangkupadi sepanjang 70 kilometer," kata Aswandi seperti dilaporkan Tribun Kaltim, Jum'at (21/10/2016).

Kata dia, sejak awal tahun 2015 lalu, Pemprov Kalimantan Utara melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) menyusun studi kelayakan (feasibility study) perkeretaapian.

Mangkupadi merupakan desa di Kecamatan Tanjung Palas Timur Kabupaten Bulungan yang akan menjadi pusat industri lewat pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI).

Secara umum, jalur kereta api Kalimantan Utara akan menghubungkan beberapa daerah mulai Bulungan, Tana Tidung, Malinau, Nunukan, sampai Seimanggaris.

Adapun rincian trase-trase akan dibicarakan dan disusun lebih pada tahun 2017 mendatang bersama dengan penyusunan detail enginering design (DED).

"Penyusunan FS dan DED kami siapkan Rp 2,5 miliar, untuk keseluruhan perencanaan se-Kalimantan Utara. Kami memang siapkan dulu perencanaannya sekarang untuk keperluan jangka menengah maupun jangka panjang ke depan," sebutnya.

Perencanaan hingga realisasi perkerataapian sebut Aswandi memang memerlukan waktu.

Seperti halnya Kaltim yang penyusunan perencanaannya dimulai sekitar tahun 2005, baru dapat dimulai pembangunannya tahun lalu.

Jika dokumen perencanaan telah rampung keseluruhan, tuturnya, giliran menawarkannya ke investor.

Hal itu diakui Aswandi bukan langkah mudah sebab nilai investasi akan cukup besar. "Artinya bisa sharing juga antara swasta dan pemerintah," sebutnya.

Pemerintah (pusat) sebut dia juga tengah menyusun rencana perkeretaapian nasional di Kalimantan, khususnya di Kalimantan Utara.

"Jalurnya kan baru sampai di Kaltim, di Kaltara jalur nasionalnya belum ada. Nantinya jalur perkeretaapian provinsi dengan nasional dikoneksikan," tuturnya.

Perencanaan jalur kereta api juga merambah Pulau Nunukan dan Pulau Tarakan di mana masing-masing-masing akan terkoneksi dengan jalur di Sekatak (Bulungan) dan Seimanggaris (Nunukan). (lsk/jsh)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.