News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kuliner Khas Kaltara Berpotensi Tembus Pasar Internasional

Kuliner Khas Kaltara Berpotensi Tembus Pasar Internasional

Kaltara.News - Kaltara harus mampu mempromosikan makanan ciri khas daerah. Dengan citarasa dan keunggulannya, kuliner jasaboga Kalimantan Utara dinilai berpotensi bersaing di pasar nasional maupun internasional.

"Kaltara terkenal dengan olahan ikannya, bisa kita jadikan sebagai referensi untuk menjadikan ikan sebagai makanan lokal yang menjadi ciri khas Kaltara," kata Wakil Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Julaiha Ma'aruf, saat menghadiri rangkaian Rakernas APJI III di Hotel Premier Pekanbaru belum lama ini.

Julaiha mengatakan, pegiat dan masyarakat Kaltara harus menjadikan makanan khas Kaltara sebagai makanan pangan lokal andalan agar kedepannya lebih maju lagi.

Julaiha menginginkan kepada pelaku jasaboga di Kaltara bisa mengambil inti sari pembelajaran dari rangkaian rapat kerja nasional (Rakernas) Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) III di Pekanbaru Provinsi Riau yang digelar pekan ini.

Pada rangkaian Rakernas tersebut dibuka langsung Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APJI seluruh Indonesia termasuk DPD APJI Kaltara. Pengurus DPD APJI dilantik oleh Ketua Umum DPD APJI, Rahayu Setiowati.

Untuk diketahui, APJI merupakan wadah berkumpulnya perusahaan yang ada kaitannya dengan usaha pengelola jasaboga dalam menciptakan dan mengembangkan jalur usaha yang memungkinkan keikutsertaan perusahaan aneka boga.

Dengan demikian mereka dapat berperan serta dan berhasil melestarikan makanan Indonesia, terutama untuk menjunjung tinggi harkat dan martabat budaya Indonesia.

Oleh karena itu, Julaiha mengharapkan, dukungan dari pemerintah untuk memberi perkembangan usaha jasa boga dan kuliner terutama di daerah.

Sehingga, lanjutnya, ada motivasi gerakan jasaboga Kaltara melalui DPD APJI Kaltara bagi para pelaku jasaboga Kaltara dapat maju dan berkembang usahanya.

APJI Kaltara juga harus memberikan pembinaan kepada anggotanya dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan daya saing.

"Seperti instansi Disperindagkop dan UMKM, maupun instansi lainnya. Dengan adanya kerjasama dengan APJI juga bisa menyejahterakan bagi para pelaku UMKM dan masyarakat Kaltara pada umumnya," ujarnya. (ksl/qws)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.