News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Membangun Budaya Filantropi, Merengkuh Indahnya Berbagi dan Peduli

Membangun Budaya Filantropi, Merengkuh Indahnya Berbagi dan Peduli

Kaltara.News - Berbagi dan peduli termasuk dua perbuatan yang dapat dikategorikan sebagai implementasi dari sifat tolong-menolong. Tradisi filantropi tersebut diperintahan Allah SWT dalam Surat Al-Maidah ayat 2:

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran”. 

Manusia merupakan makhluk yang diberikan dalam hatinya oleh Sang Pencipta kerinduan untuk senantiasa berbagi. Berbagi mengindikasikan pengorbanan dan kerelaan untuk memberi.

Semakin banyak memberi, semakin tidak akan merasa kekurangan. Pengorbanan yang paling tinggi adalah dalam bentuk penyangkalan diri, yakni ketika yang dikorbankan adalah harga diri sendiri untuk meningkatkan harga diri orang lain. Disinilah keindahan berbagi daripada sekedar menerima.

Nah, berkaitan dengan spirit tersebut. Pada hari Selasa, (25/10/2016) ini Ikatan Paguyuban Alumni SD Muhammdiyah Gresik Kota Baru bekerjasama dengan BMH Gresik, Jawa Timur, mengadakan Baksos Sinergi bertajuk "Bersama BMH Indahnya Berbagi dan Peduli".

Kegiatan baksos ini digelar di pemukiman masyarakat pedalaman, yakni pelosok di Desa Kalimoro, Kalipadang, Benjeng, Gresik. Di kampung yang terdiri dari 50 KK ini notabene warga yang berada pada taraf ekonomi bawah.

Lilis, salah satu perwakilan dari Paguyuban Ikatan Alumni SD  Muhammdiyah GKB Gresik mengungkapkan bahwa sebagian kami dari ikatan wali murid ingin menyampaikan amanah berupa berbagi rizki dari Allah subhanahu wa ta'ala yang kami salurkan.

"Semoga dengan paket sembako ini bisa bermanfaat," ujar Lilis.

Selain itu, Kasan sebagai Ketua RT desa penerima mengucapkan banyak terima kasih kepada penyelenggara.

"Semoga kehadiran bapak ibu sekalian memberikan motivasi terus-menerus tentang indahnya berbagi dan peduli ke sesama, termasuk warga kami yang sebagian besar kurang mampu dalam hal finansial," harap Kasan.

Abdul Karim selaku Manajer BMH Gresik sekaligus Ketua Pos Dai BMH Gresik mengutarakan, bila perintah Allah Ta'ala untuk berbagi selalu dilakukan, maka kelak akan indah dan nikmat bagi diri kita sendiri, kesehatan kita, dan memperlancar rizki kita. */Andre Rahmatullah/ Humas BMH Jatim

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.