Profauna Borneo dan Tim Gabungan Patroli Cegah Pencurian Telur Penyu

Nasional News - Tim gabungan terdiri dari Polsek Biduk-Biduk, Profauna Borneo, BPSPL Pontianak Satker Balikpapan, Kementrian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan dan BLB melakukan patroli pencegahan penangkapan ikan dan pencurian telur penyu di wilayah periaran laut Kabupaten Berau pada hari Selasa, (25/10/2016).

Dalam patroli bersenjata yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Biduk-Biduk AKP Suradi SH itu memulai perjalanan dari Lenggo, Batu Putih, menuju Pulau Bilang-Bilangan dan Mataha yang merupakan habitat penyu hijau dan penyu sisik yang sekaligus merupakan “zona” pengeboman ikan.

Koordinator Profauna Borneo, Bayu Sandi, menyebutkan tim melakukan penyisiran sepanjang jalur Lenggo, Pulau Manimbora, Pulau Balikukup, Karang Kandalahang, Pulau Mataha dan Pulau Bilang-Bilangan.

"Tim gabungan juga melakukan pemeriksaan kepada kapal-kapal yang bersandar di Pulau Mataha dan Pulau Bilang-Bilangan guna memastikan bahwa mereka tidak membawa alat tangkap ikan ilegal," kata Bayu Sandi dalam keterangannya diterima Nasional News baru baru ini.

Dia menambahkan, di Pulau Bilang-bilangan Kapolsek meninjau 62 sarang penyu buatan yang berisi  4.380 telur penyu hasil sitaan Polsek Tanjung Redeb.

Sebelumnya pada tanggal 26 Agustus 2016, kepolisian dari Polsek Tanjung Redeb, Kabupaten Berau berhasil mengungkap kasus pencurian 4.600 butir telur penyu. Telur-telur penyu siataan tersebut kemudian ditanam di Pulau Bilang-bilangan.

Beruntung sekali karena tim pada hari itu berkesempatan menyaksikan 15 ekor tukik yang menetas di 4 sarang dari 62 sarang buatan tersebut.

"Kami merasa gembira karena upaya menanam telur penyu sitaan tersebut membuahkan
hasil dengan bukti berhasil menetas", ungkap Bayu Sandi.

Bayu Sandi menuturkan pihaknya mengapresiasi langkah Polsek Biduk-Biduk yang terjun langsung ke lapangan untuk melakukan patroli laut.

"Ini sebuah langkah positif dan kami berharap ini bisa dilakukan secara rutin untuk mencegah pengeboman ikan dan pencurian telur penyu di wilayah Kabupaten Berau," kata Bayu memungkasi. (ktc/kln)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel