News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Target 10 Juta, Jokowi Ingin Manado jadi Kota Favorit Wisatawan China

Target 10 Juta, Jokowi Ingin Manado jadi Kota Favorit Wisatawan China

Kaltara.News - Komitmen pemerintah mengundang wisatawan Cina ke Indonesia terus digenjot untuk mendongkrak sektor pariwisata Indonesia sebagai sumber penerimaan negara.

Presiden Joko Widodo mengatakan ingin agar Manado menjadi kota favorit bagi wisatawan, khususnya yang berasal dari China. Sebab, pemerintah menargetkan 10 juta wisatawan China hingga 2019.

"Tambahan 10 juta wisawatan ini kemana saja? Ini yang pertama ke Manado, karena Manado sangat strategis hanya kurang lebih 3 jam. Ini sangat strategis sekali," kata Jokowi usai mengunjungi Manado Town Square, Selasa (18/10/2016).

Jokowi mengatakan, berdasarkan laporan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, terjadi pertumbuhan kunjungan wisatawan hingga 1.000 persen dalam beberapa waktu terakhir.

Jokowi pun memutuskan untuk jalan-jalan ke mal terbesar di Kota Manado untuk melihat sendiri perkembangan itu.

"Kelihatan sekali pertumbuhan ekonomi itu akan kelihatan kalau masuk ke pasar, ke mal seperti ini. Masuk ke restoran ramai atau tidak, lihat lalu lalang taksi, kelihatan sekali," kata Jokowi dikutip Kompas.

Jokowi berharap pertumbuhan lonjakan ekonomi dan pariwisata terus terjadi seiring dengan infrastruktur kota Manado yang terus ditingkatkan.

Ia pun memastikan bahwa pemerintah pusat siap mendukung pembangunan infrastruktur di Sulawesi Utara.

"Kalau kesiapan infrastruktur pariwisatanya tidak segera dibantu pemerintah pusat, saya takut pemerintah kota kewalahan. Kalau dikerjakan bersama sama pemerintah pusat, pemerintah provinsi pemerintah kota akan lebih baik," kata dia.

Wisatawan Cina

Sebelumnya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menampik sejumlah isu bahwa kedatangan warga Cina tersebut ke Indonesia sebagai pencari kerja.

Menurut Luhut, 10 juta turis tersebut memang murni wisatawan. Bukan pekerja yang akan mencari nafkah di Indonesia. “Jangan dibalik mau bekerja. Tidak ada itu,” bantah Luhut seperti dikutip Katadata.

Luhut mengatakan alasan pemerintah ingin mendatangkan turis Cina ke Indonesia adalah karena dianggap paling suka mengeluarkan uang. Uang yang bisa mereka keluarkan untuk wisata sekitar US$ 2.350 sampai US$ 2.400.

Atas alasan itulah Presiden Jokowi berharap turis Cina bisa mengunjungi Indonesia dalam jumlah besar.

“Jadi Presiden Jokowi minta ke Presiden Cina Xie Jinping, boleh tidak kau mendorong supaya 10 juta datang ke Indonesia sebagai turis dalam kurun waktu ke depan ini,” lanjut dia.

Secara kumulatif mulai Januari hingga Juli 2016, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mencapai 6,32 juta kunjungan.

Jumlah ini naik 7,64 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara pada periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 5,88 juta kunjungan.

Para wisatawan asing ini mayoritas datang melalui 19 pintu utama yakni bandar udara internasional, seperti Soekarno-Hatta, Ngurah Rai, Batam dan lain-lain.

Jumlah kunjungannya mencapai 5,86 juta kunjungan. Sisanya datang melalui Pos Lintas Batas (PLB) dan pintu lainnya sebanyak 467.910 kunjungan. (ktd/kmp)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.