News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Terus Dirundung Krisis Listrik, Kaltara Desak PLN Percepat Penyelesaian

Terus Dirundung Krisis Listrik, Kaltara Desak PLN Percepat Penyelesaian

Kaltara.News - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Irianto Lambrie mendesak PT PLN Persero untuk mempercepat penyelesaian krisis listrik yang terjadi di wilayahnya.

"Saya mengundang Dirut PT PLN berkunjung ke Kaltara dalam rangka mempercepat penyelesaian krisis listrik di Kaltara termasuk pengembalian pengelolaan listrik di Kota Tarakan," ujar Irianto dalam siaran pers di Nunukan, Kaltara, Rabu (16/11/2016).

Salah satu percepatan yang diharapkan, kata Irianto, adalah pembangunan tapak tower saluran udara tingkat tinggi (SUTT) masing-masing 205 tower dari Tanjung Redeb ke Tanjung Selor Kabupaten Bulungan, 311 tower dari Tanjung Selor ke Tideng Pale Kabupaten Tana Tidung. Kemudian 102 tower dari Tideng Pale ke Kabupaten Malinau.

Irianto menilai, pembangunan jaringan PLN melalui transmisi SUTT ini dapat meningkatkan rasio elektrifikasi di Provinsi Kaltara yang masih kekurangan listrik ini. Selain itu PLN juga diminta mendukung pembangunan penyediaan jaringan energi listrik.

Gubernur Kaltara juga mengharapkan PT PLN segera mewujudkan power-plan yang telah dimasukkan dalam mega proyek kelistrikan nasional 35 mega watt tersebut.

Ketiga power plan yang dimaksudkan itu akan dibangun di Kabupaten Bulungan berkapasitas 15 mega watt, 10 mega watt di Kabupaten Nunukan dan 6 mega watt di Kabupaten Malinau.

Menurut Irianto, jika pembangunan jaringan dan pembangkit baru dapat direalisasikan pada awal 2017 melalui sinergi yang tepat waktu maka rasio elektrifikasi di Provinsi Kaltara meningkat dari yang ada sekarang sebesar 66,5 %.

Diketahui ketersediaan energi listrik di provinsi termuda itu saat ini 62,29 mega watt dari daya beban puncak sebesar 68,25 mega watt. (jas/wql)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.