News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Terima Pengurus PP Pemuda Hidayatullah, Kwarnas Pramuka Apresiasi Program

Terima Pengurus PP Pemuda Hidayatullah, Kwarnas Pramuka Apresiasi Program

JAKARTA (Nasional News) - Kwarnas Pramuka menerima Pengurus PP Pemuda Hidayatullah di kantornya Jln Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (07/12/2016).

Sekretaris Jenderal Pengurus Kwarnas Pramuka Pusat, Rafli Effendy, menyambut hangat rombongan pengurus PP Pemuda Hidayatullah yang dipimpin oleh Ketua Umum Naspi Arsyad.

Pertemuan tersebut membahas beragam persoalan dan dinamika kebangsaan dewasa ini. Pada pertemuan sore tersebut dilakukan juga pembicaraan penjajakan sinergi terutama program yang berkaitan dengan kepemudaan dan pembinaan remaja untuk bela negara (nasionalisme).

"Syabab Hidayatullah sebagai gerakan kepemudaan sangat sejalan dengan visi Kwarnas Pramuka yang memiliki konsen yang kurang lebih sama," kata Naspi Arsyad.

Naspi mengatakan, menguatkan peran kepemudaan merupakan tanggungjawab bersama untuk memastikan generasi bangsa ke depan betul-betul siap menghadapi tantangan dan beragam dinamika yang ada.



Naspi menyebutkan, organisasi Pemuda Hidayatullah memiliki 2 program mainstream sebagaimana telah diamanatkan organisasi induk yakni dakwah dan pendidikan.

"Keduanya kemudian diterjemahkan dengan menyelenggarakan berbagai program kegiatan turunan diantaranya training pra-nikah dan program Sistematika Wahyu Basic Training atau SWBT," kata Naspi.

Naspi berharap pihaknya dapat menjalin sinergi dengan Kwarnas Pramuka terutama terkait ha-hal apa saja yang bersinggungan dengan program organisasinya.

Sekretaris Jenderal Pengurus Kwarnas Pramuka Pusat, Rafli Effendy, menyambut baik harapan tersebut. Ia memuji program training pra-nikah Pemuda Hidayatullah.



"Program training pra-nikah ini luar biasa apalagi dilakukan oleh pemuda. Menurut saya ini penting dan program ini tepat sasaran. Dan lain-lain, Pramuka terbuka untuk kerjasama," kata Rafli.

Rafli mengapresiasi program tersebut yang menurutnya sangat realistis apalagi dengan kian meruyaknya dinamika hubungan dewasa ini. Apalagi, lanjutnya, ogranisasi pemuda umumnya politis dan kebanyakan tidak memiliki program riil.

"Program training atau penyuluhan pra-nikah ini luar biasa dan saya apresiasi. Jadi pembinaan dan pembekalan ilmu sebelum memasuki jenjang pernikahan bukan hanya menjadi tanggungjawab Menteri Agama, tapi kita semua harus peduli. Tingginya tingkat perceraian mungkin diantaranya karena mereka tidak dibekali training pra-nikah," imbuh Rafli yang juga mantan Sekjen DPP KNPI ini.

Senada dengan itu, Waka Bidang Perencanaan Pengembagan dan Kerjasama Kwarnas Pramuka, Marbawi, menyebut Pemuda Hidayatullah sudah "on the track". 




"Pesan dari kami, selalu utamakan layanan. Apapaun baik organisasi maupun korporasi harus punya layanan. Kalau Pemuda Hidayatullah tadi punya layanan training pra-nikah. Ini bagus sekali. Jadi layanan tidak usah banyak-banyak, satu saja cukup. Fokus di situ dan terus lalukan inovasi," pesan Marbawi yang juga jebolan Pondok Modern Gontor ini.

Menurut Marbawi, dengan program-program sosialnya Pemuda Hidayatullah telah mendukung menggalakkan gerakan social empowerment dengan berkolaborasi dengan berbagai elemen dan organisasi lainnya.

Social empowerment, kata Marbawi, adalah gerakan kebersamaan untuk menciptakan persaudaraan berdasarkan cinta untuk kemakmuran dan kesejahteraan bersama dengan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan sosial dan agama tanpa memikirkan perbedaan dalam rangka menciptakan harmoni dan persatuan di Indonesia.



"Pemuda Hidayatullah telah melakukan gerakan social empowerment dengan kerja nyata. Banyak organisasi yang tidak kerja nyata. Manusia kalau tidak kerja, tidak bisa survive. Program Pemuda Hidayatullah sangat membumi. Semakin membumi kerjanya semakin hebat. Semakin melangit semakin tidak jelas," kata Marbawi seraya berseloroh.



Audiensi yang berlangsung hangat tersebut juga dihadiri petinggi Kwarnas Pramuka lainnya diantaranya Waka Bidang Bina Anggota Dewasa DR. Susi Yuliati, M.Si dan Kepala Urusan Organisasi dan Hukum Ahmad Fikri, S.Pd, NLP.



Sementara Naspi Arsyad turut didampingi jajarannya Sekretaris Jenderal Suhardi Sukiman, Ketua Departemen Perkaderan Ilman Abdullah, Kadep Dakwah Ahmad Muzakky, Anggota Tim Kajian Strategis Imam Nawawi, dan Biro Data dan Informasi Ainuddin Chalik. (lsw/hg)


Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.