News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Sandiaga Uno Buka Muswil VI Syabab Hidayatullah Jabodebek

Sandiaga Uno Buka Muswil VI Syabab Hidayatullah Jabodebek

JAKARTA (Nasional News) - Pengusaha sukses yang juga calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) Syabab atau Pemuda Hidayatullah Jabodebek ke-VI di Wisma Polimedia, Jakarta, Jum'at (20/01).

Dalam sambutannya, Ketua PP Syabab Hidayatullah Suhardi Soekiman menyatakan, pihaknya sengaja mengundang Sandiaga Uno karena dinilai memiliki konsen yang sama dalam hal pembangunan manusia, khususnya pemuda.

"Ini harus diperjuangkan dan dilaksanakan, yakni membangun manusia. Anak-anak muda harus tumbuh dengan integritas yang baik," ucapnya.

Sementara itu, dalam paparannya, Sandi menyampaikan topik pemuda merupakan suatu yang sangat relevan dalam membangun peradaban ibu kota kedepan.

Apalagi, terangnya, data menunjukkan 50 persen penduduk Jakarta berusia dibawah 30 tahun. "Ini bonus demografi yang menjadi elemen penting pembangunan bangsa," ungkapnya.

Karenanya, Sandi berpesan, pemuda harus berani dan optimis dalam merangkul masa depan. "Karena tarikan nafasnya adalah perubahan," pungkasnya.

Dalam siaran pers Muswil VI Syabab Hidayatullah Jabodebek yang diterima redaksi, menerangkan bahwa Pancasila sebagai falsafah dan ideologi dasar dari bangsa Indonesia telah mengamanatkan pembangunan manusia Indonesia yang holistik.

Tidak saja Berketuhanan yang Esa, ketetapan MPR Nomor I/MPR/2003 tentang Butir-butir pengamalan Pancasila mengamanatkan aktualisasi Pancasila dengan menempatkan kesatuan, persatuan, kepentingan, dan keselamatan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan serta mengembangkan perbuatan yang luhur, yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotongroyongan.

Eksis dengan perwakilan Pengurus Daerah (PD) di Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi, PW Syabab Hidayatullah Jabodebek telah turut berperan sebagai organisasi yang menjadi wadah aktualisasi pemuda dan tempat berhimpun pembinaan generasi, serta berkomitmen terus terlibat bersama masyarakat untuk memajukan dan menggalakkan peran dalam pembangunan manusia yang kohesif.

Muswil yang digelar di Wisma Polimedia, Srengseng Sawah Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan, ini mengusung tema “Sinergi Membangun Manusia Bersama Pemuda”.

Ketua Plt PW Syabab Hidayatullah Jabodebek Hanifuddin Chaniago mengatakan pemuda perlu terlibat dalam kerja-kerja membangun manusia.

Untuk lingkup Jabodebek, sambung Hanifuddin, Syabab Hidayatullah terus melakukan upaya tersebut dengan melibatkan diri dalam kegiatan pendidikan dan pembinaan pemuda sebagaimana telah menjadi mainstream gerakan organisasi (dakwah dan tarbiyah).

Dalam rangka menggali lebih dalam tentang sinergi dan konsepsi pembangunan manusia, PW Syabab Hidayatullah Jabodebek mengundang Cawagub DKI Jakarta Sandiaga S. Uno untuk berbagi gagasan yang dalam misinya bertekad membangun manusia Jakarta menjadi warga yang berdaya dengan menghadirkan kepemimpinan humanis dan mengayomi.

“Gagasan pembangunan manusia yang berdaya dan berkelanjutan sejalan dengan semangat butir pengamalan Pancasila. Serta selaras dengan visi besar kami yakni meninggikan adab untuk Indonesia maju-bermartabat,” kata Hanifuddin.

Idealnya, kata Hanifuddin, pihaknya ingin menghadirkan ketiga Paslon Cagub DKI Jakarta untuk membahas persoalan pembangunan manusia mengingat sentralnya isu tersebut seiring dengan perkembangan dan dinamika di kawasan.

Namun, lanjut Hanifuddin, karena keterbatasan waktu dan ruang hal itu belum memungkinkan dilakukan. Tetapi pada prinsinya ia menghargai dan mendukung sepenuhnya komitmen pembangunan manusia yang holistik.

Sementara itu, Ketua Umum PP Syabab Hidayatullah Suhardi Sukiman mengapresiasi PW Syabab Hidayatullah Jabodebek yang terus memantapkan peran dan keterlibatannya dalam banyak aspek guna mengupayakan kebermanfaatan lebih luas untuk umat khususnya di Jabodebek.

Suhardi mendorong PW Syabab Hidayatullah Jabodebek terus melanjutkan kiprah positifnya dan tetap selalu melandaskan gerakannya pada semangat dakwah inklusif dan universal yang memandang semua manusia adalah objek dakwah yang harus dirangkul.

“Syabab Hidayatullah adalah gerakan keteladanan. Pemuda Hidayatullah dituntut untuk menjadi teladan yang baik kapanpun dan dimanapun dia berada. Gerakan inilah yang juga dilakukan oleh Rasulullah untuk menyebarkan Islam yang Rahmatan lil ‘aalamiin,” tukasnya.

Suhardi mengakui, tema yang diangkat dalam musyawarah tersebut memiliki kedekatan dengan program pembangunan Sandiaga Uno.



Menurut dia, pembangunan fisik tidak akan berarti tanpa pembangunan manusia. Karenanya, Suhardi berharap, pemimpin Jakarta kedepannya dapat melahirkan pemuda-pemuda dengan integritas yang baik.

Senada dengan itu Ketua Panitia Muswil VI Syabab Hidayatullah Deden Sugianto, mengatakan Sandiaga Uno merupakan tokoh yang punya program membangun manusia secara berkelanjutan. Penilaian itu menjadi alasan bagi pihaknya untuk mengundang Sandiaga Uno.

“Semoga kedepan, pak Sandiaga Uno bisa memimpin untuk manusia Jakarta yang bertaqwa dan beriman. Jadi atau tidak, saya yakin pak Sandiaga terlalu sayang terhadap bangsa ini. Harapan kami, mari kita terus membangun manusia,” harap Deden Sugianto.

Meski demikian, pengurus Syabab Hidayatullah menegaskan, kedatangan Sandiaga Uno dalam kegiatan tersebut tidak ada hubungannya dengan momentum pemilihan kepala daerah di Jakarta.

Imam Nawawi, Sekjen PP Syabab Hidayattulah mengatakan, kehadiran Sandiaga Uno murni didasari oleh latarbelakangnya sebagai pengusaha.

“Kunjungan pak Sandi tak ada hubungannya dengan momen Pilkada. Karena, Syabab Hidayatullah, bukan organisasi kepemudaan yang berafilisasi dengan Parpol manapun,” demikian dikatakan Imam Nawawi kepada wartawan.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan launching program “menanam sejuta pohon” sebagai wujud bakti Syabab Hidayatullah terhadap Indonesia. (yhy/ksl)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.