Inilah 9 Fitur Smartphone Jarang Diketahui Memudahkan Hidup Anda

Smartphone kita ternyata memiliki banyak fungsi lainnya selain untuk keperluan menelepon. Apa saja, ini dia penjelasanya. (foto: brightside)


(NASIONAL News) - Saat ini smartphone telah menjadi penunjang utama kehidupan kita saat ini. Seperti sandang, pangan, dan papan, smartphone merupakan benda terpenting untuk menopang akses informasi kita.

Hal ini juga diikuti dengan perkembangan pesat smartphone. Sehingga membuat kita jarang mengetahui perkembangan tersebut. Berikut sembilan fitur tersembunyi di smartphone yang jarang diketahui seperti dikutip Nasional.news di situs Brightside yang memudahkan anda.

1. Aplikasi kloning

Di salah satu versi Android terbaru kita dapat menemukan opsi menu yang disebut "App Cloner" yang memungkinkan kita untuk menduplikasi aplikasi yang kita inginkan hanya dengan satu sentuhan.

Ini sangat berguna untuk anda yang ingin mengakses sosial media dengan beberapa akun berbeda. Namun jangan khawatir bila saat ini anda tidak menggunakan versi android terbaru. Karena ada aplikasi khusus yang bisa anda download di Play Store.

2. Download video dan suara dari YouTube

Sumber : Pixabay
Biasanya Google menyembunyikan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengunduh videonya dari toko aplikasi resmi. Namun itu masih bisa diakali karena saat ini sudah tersedia pengembang aplikasi pihak ketiga.

Beberapa aplikasi yang cukup terkenal adalah Tubemate, SSyoutube atau Videoder. Cara kerjanyapun mudah. Anda cukup menyalin kembali link video YouTube yang ingin anda tonton atau anda juga bisa mencari video tersebut melalui aplikasi tadi.

3. Smartphone anda Mampu Mengukur Berat

© techbang 

Dengan aplikasi khusus di Play Store kita mampu menimbang berat benda-benda kecil ketika kita berbelanja di supermarket dengan cepat dan praktis.

4. Membuka Dua Aplikasi Sekaligus dengan Satu Sentuhan

© updato  

Hal ini dapat memudahkan kita ketika membaca e-book dalam bahasa asing di saat yang bersamaan kita ingin menggunakan kamus tanpa harus mengganti dan menutup aplikasi sebelumnya.

5. Beralih ke Safe Mode

© marineford  

Modus ini biasanya kita gunakan di perangkat komputer ketika kita ingin meng-install atau meng-uninstall sistem operasi di komputer kita. Lalu bagaimana kita ingin menggunakan modus ini ketika kita ingin melakukan un-install aplikasi pihak ketiga.

Biasanya membuat pengoperasian perangkat terganggu. Bagaimana caranya? Cukup mudah, anda tinggal mengaktifkan perangkat anda.

Kemudian, tekan lagi tombol daya dan tahan. Lalu, saat muncul menu, tekan tombol "matikan" atau "matikan daya" di layar. Bila muncul opsi safe mode anda cukup tekan oke.

6. Menggunakan Offline Map

© pixabay  


Ketika kita ingin kesuatu tempat namun kita tidak memiliki paket data internet ataupun kita ingin menghemat data internet untuk meminta bantuan maps.

Solusi terbaik adalah mengunduh peta online ke telepon Anda dan menonaktifkan internet kemudian anda tinggak bergerak sambil membiarkan GPS dinyalakan. Lokasi Anda akan tetap ditampilkan di peta offline, berkat data satelit - tanpa biaya apapun bagi Anda.

7. Membayar Hanya Dengan Smartphone Anda Tanpa Kartu Kredit

© flickr  
Smartphone terbaru biasanya menyematkan sensor NFC di ponsel pintar. Dengan bantuan modul NFC ini anda dapat menghubungkan kartu kredit anda ke akun di sistem yang relevan seperti Android Pay atau Apple Pay.

Maupun anda juga bisa menggunakan T-cash, salah satu alat pembayaran elektronik yang di sediakan salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia

Ini akan memungkinkan Anda membayar dengan telepon Anda di salah satu dari ribuan dari toko yang menerima pembayaran tanpa kontak.

8. Melakukan Scan di Mana Saja


© pixabay  

Ketika anda ingin melakukan scan dokumen atau pun foto namun anda tidak memiliki printer ataupun ingin menuju tempat pemotokopian untuk melakukan scan. Namun hal itu tidak berlaku lagi karena ada teknologi scan di smartphone.

Sekarang anda hanya tinggal menggunakan perangkat anda. Dengan aplikasi khusus yang bisa kita unduh di toko sistem operasi smartphone kita. Salah satu aplikasi yang cukup terkenal adalah aplikasi camscanner.

9. Menghubungkan Dua Smartphone Bersama-Sama


© Maurizio Pesce  
Berkat fungsi On The Go (OTG) perangkat kita sekarang bisa dihubungkan ke perangkat sekitar kita. Ini bisa di gunakan juga untuk melakukan pengisian ulang batere ataupun untuk menyalurkan data yang diingingkan.

Caranya mudah anda tinggal membutuhkan perangkat penghubung konversi dari Micro-USB anda ke usb kemudian memasang kabel usb biasa tersebut untuk di hubungkan. Setelah telepon mengenali kabel dan adaptor, Anda dapat menghubungkannya dengan aman.*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel