Mengenal Kehidupan Kota Tanpa Jalan Raya, Giethoorn Tanpa Polusi

Perahu adalah alat transportasi utama di kota Giethoorn. Tanpa jalan raya apalagi jalan rusak. (foto: worldfortravel)
(NASIONAL News) - Kota bebas polusi tentunya dambaan setiap manusia saat ini. Polusi yang biasa berasal dari kendaraan mesin otomotif di jalan raya membuat kepenatan ketika menghadapinya. Selain itu, hal ini juga membuat kesehatan jangka panjang kita terganggu tentunya.

Kali ini saya akan membawa anda untuk mengenal Kota Giethoorn yang terletak di Belanda bagian utara. Kota ini ditemukan tahun 1230. Desa ini biasa disebut magical village dan "desa di negeri dongeng".

Suasana indah, sejuk dan tenang di Kota Giethoorn. Seperti di dunia dongeng. (foto: insureandgo.com)

Giethoorn seperti lazimnya kota di eropa. Namun ada yang membedakannya dengan tempat lain. Jalan raya!.

Apa yang spesial dari jalan raya di desa ini? Di desa ini memiliki nol kilometer jalan aspal dan lalu lintas kendaraan. Di kota ini perahu dijadikan alat transportasi utama untuk menunjang akses antar warganya.

"Biasanya masyarakat menaiki perahu, Beberapa menggunakan sepeda untuk menuju destinasi mereka, atau terkadang mereka hanya berjalan kaki" Ujar Bert Dedden, Wakil Wali Kota Giethoorn seperti dikutip Nasiona.news dari Greatbigstory, Selasa (27/06/2017).

Bert menjelaskan bahwa kota ini telah dihuni sekitar 2400 penduduk dan terdapat 1100 rumah di kota ini. Dan tentunya terdapat banyak perahu di kota kecil ini.

"Biasanya ada sekitar 500 sampai 600 perahu di Giethoorn," kata Jan salah satu ahli pembuat perahu di kota Giethoorn.

Perahu di kota Giethoorn disebut dengan Punters, perahu yang berdasar datar. Jan juga menambahkan bahwa perahu yang berdasar datar ini berasal dari kota ini yang kemudian menyebar ke seluruh dunia.    

Selain perahu juga terdapak banyak jembatan. Total ada 167 jembatan di kota bebas polusi ini yang digunakan untuk pejalan kaki dan pesepeda untuk menyebrangi kanal-kanal di kota ini.

jembatan juga hal penting di jota ini, untuk menghubungkan antar pulau. (foto: Dino Cutic Photography)
Untuk memenuhi segala kebutuhan sehari hari warga biasanya harus keluar kota tersebut untuk berbelanja. Dan mereka harus melewati jembatan kota yang menjadi portal untuk keluar kota ini. Anton merupakan salah satu penjaga jembatan di kota ini.

"Jika penjaga jembatan tidak bekerja, maka kehidupan kota ini akan terhenti. Di hari sibuk kami membuka jembatan untuk sekitar 300 kapal," kelakar Anton tentang tanggung jawab pekerjaannya.

Itulah kota Giethoorn. Kota tanpa jalan raya yang dilalui kenderaan berasap dan lalu lintas membuat penduduk semakin merasakan hal luar biasa tanpa ada polusi. Kota yang menawarkan keindahannya, ketenangan dan kesegaran udaranya dengan nuansa layaknya di cerita dongeng.

Apakah anda tertarik mengunjungi kota ini? Tapi ingat, anda harus memarkirkan mobil anda sedikit jauh di luar kota ini karena hal itu tidak memungkinkan untuk membawa kendaraan anda ke dalam kota Giethoorn yang asri.*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel