Padatnya Kegiatan Ramadhan Muslimat Hidayatullah di Berbagai Daerah


Acara temu kader muda Annisa yang digelar PW Muslimat Hidayatullah Jabodebek (foto: Istimewa) 
(NASIONAL.NEWS) - Bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan dan limpahan pahala, tak hanya disambut dengan suka cita.

Berbagai kegiatan baik yang bersifat ruhaniyah dan insaniyyah(sosial) digelar oleh pengurus Muslimat Hidayatullah (Mushida) di berbagai daerah.

Ramadhan, yang juga menjadi salah satu waktu liburan bagi kader-kader muda oleh Mushida dijadikan momen untuk bertemu dan berkenalan.

Ketua Bidang Organisasi dan Annisa PP Muslimat Hidayatullah, Sarah Zakiyah, mengatakan program yang serentak dilaksanakan di beberapa wilayah ini bertujuan untuk menjalin keakraban antar mereka.

"Kegiatan ini juga dalam rangka mendekatkan mereka pada tugas dakwah yang harus mereka emban di lingkungan dimana mereka berada," kata Sarah Zakiyah dalam keterangan tertulisnya diterima Nasional.news, Jum'at (23/06/2017)

Mulai baksos sampai sanlat

Ada beragam kegiatan yang dilaksanakam Mushida mulai dari kegiatan bakti sosial sampai pesantren kilat Ramadhan (sanlat). Selain juga terdapat kegiatan kajian rutin dhuha.

Seperti yang dilakukan oleh Mushida Kudus, Jawa Tengah. Mereka menggelar baksos untuk masyarakat umum prasejahtera. Lalu ada PD Mushida Cirebon yang secara reguler menggelar ifthor jama'i (buka bersama) dengan anak-anak dan orangtua TK binaannya.

PD Cirebon juga menggelar kegiatan kajian dhuha pekanan, bina rohani untuk anak-anak MDTA Baitussalam serta ada program tarjim Al Qur'an harian.

Selaras denngan Cirebon, kawasan Mushida Tasikmalaya selama Ramadhan menggelar program "Tadarus One Day One Juz", serta mengadakan pesantren kilat dan buka bersama anak anak sanlat‎.

Kemudian ada PW Mushida Jabodebek bekerjasama PD Mushida Depok yang menggelar bazar bakti sosial dengan menggelar pasar murah sembako. Selain itu, acara ini juga diselingi dengan kegiatan pembinaan rohani berupa taushiah yang disampaikan oleh ustadz dan tim Mushida Depok.

Selain itu, PW Mushida Jabodebek juga menggelar acara temu kader muda (Annisa Hidayatullah) yang umumnya adalah para pelajar dan mahasisiwa yang telah kembali dari kampusnya masing-masing.

Pada kesempatan tersebut mereka saling berkenalan lebih dekat dan membangun komitmen bersama untuk selalu mengeratkan ukhuwah dan menjalankan kultur Mushida kapan dan dimanapun berada.

Tak selesai di situ, PD Mushida Depok juga menggelar acara buka puasa bersama dengan bekerjasama dengan Atasa Agama Kedutaan Saudi Arabia di Indonesia yang diikuti oleh santri dan warga setempat di lingkungan Pesantren Hidayatullah Depok.

Dari Jawa Timur, Mushida menggelar kegiatan silaturrahim dan bina bersama alumni SMP II Luqman Al Hakim Hidayatullah Surabaya.

Acara yang berlangsung semarak di Komplek Pesantren Hidayatullah Surabaya tersebut berlangsung meriah namun tetap khidmat yang dihadiri oleh para alumni dan guru.

Tak kalah menarik, PD Mushida Balikpapan juga menggelar acara untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan. Diantaranya mereka menggelar tarhib menyambut kedatangan bulan suci ini.

Pertengahan bulan Ramadhan lalu PD Mushida Balikpapan bekerjasama dengan Annisa Hidayatullah Balikpapan dan turut bersinergi dengannya, Pemuda Hidayatullah, menggelar anjangsana ke berbagai sekolah di Balikpapan. Kegiatan itu diberi tajuk "Annisa Goes To School".

Tak ketinggalan Mushida Medan juga sibuk menggelar kegiatan positif serupa. Pengurus Mushida setempat menggelar acara mabit dan temu kader muda Annisa Hidayatullah.

Menurut Sekretaris Jenderal PP Mushida, Lenny Syahnidar, kegiatan yang digelar sejumlah daerah tersebut hanyalah representasi sebagian dari aktifitas Mushida di kawasan lainnya di Indonesia terutama pada momentum bulan Ramadhan 1438 kali ini.

"Mushida daerah lain tak kalah semarak program yang telah dilakukan namun tak semua kegiatan sempat didokumentasikan," kata Lenny.

Pihaknya berharap dengan program-programnya, Mushida semakin mengukuhkan perannya membangun keluarga Qurani untuk meninggikan martabat bangsa kita tercinta, tutup Lenny. (cha/ybh)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel