Tolitoli Pilihan Destinasi Wisata Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi Sekeluarga

Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi dinobatkan sebagai sesepuh Pemangku Adat Tolitoli dengan gelar "Tau Dakota Tadakoan Adat Lipu Totolri" yang diresmikan pemangku Adat Raja Tolitoli Dr. H. Ibrahim Sauda, MBA.Ph.D dan didampingi Ketua DPRD Tolitoli, Selasa, 1 Agustus 2017 (Istimewa)

TOLITOLI - Kabupaten Tolotoli, Sulawesi Tengah, menjadi pilihan destinasi wisata Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi bersama keluarganya.

Daya tarik kawasan daerah pesisir ini mendorong Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi memboyong sekaligus istri dan ketiga anaknya untuk berwisata ke Tolitoli.

Pengusaha multinasional yang juga dikenal sebagai investor ini berkunjung ke Tolitoli sejak Sabtu (29/07/2017) lalu dan telah mengunjungi sejumlah lokasi wisata, diantaranya Pantai Pijar di Lalos Galang dan Pulau Kapas yang terletak di Tolitoli Utara atau berjarak 38 Km dari Pusat Kota Tolitoli.

Kedatangan Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi ke Tolitoli ini adalah kunjungan yang kedua setelah kunjungan pertamanya bulan Mei lalu atas undangan Persatuan Pelajar Mahasiswa Indonesia Tolitoli (Perpit) sebagai narasumber dalam seminar pendidikan.

Dalam kunjungannya ini, Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi  dibersamai oleh Suhardi Sukiman yang merupakan anak asli putra Tolitoli yang juga sekaligus pembina Perpit DKI Jakarta.

Menurut Suhardi, kunjungan Al Rajhi kali ini ke Tolitoli menjadi sangat istimewa, sebab dia sekaligus merekomendasikan kota rekreasi yang ditujunya bersama keluarganya.

"Syaikh senang sekali dengan keindahan Tolitoli yang eksotismenya tidak kalah dengan daerah-daerah lain," kata Suhardi.

"Bahkan beliau dengan menyesal mengatakan, bahwa saya sudah lima tahun bersama anak-anak putra Tolitoli di Jakarta tetapi tidak diinformasikan tentang keindahan kampungnya dan baru kali beliau bisa melihat langsung keindahan kota Tolitoli," kata Suhardi mengutip perkataan Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi yang memuji keindahan Tolitoli.

Suhardi mengaku sangat senang bisa mendampingi Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi bersama keluarga dalam perjalanan wisata ke Tolitoli kali ini.

Sebab, terang Suhardi, kunjungan rekreasi Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi sekeluarga ini selain dalam rangka rihlah keluarga juga dalam rangka melihat potensi serta peluang ekonomi pariwisata yang bisa dikembangkan.

Pada kunjungan sebelumnya, Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi menyempatkan menikmati suasana alamiah di Tolitoli, diantaranya dengan meninjauh pedagang ikan segar (Istimewa)

Dalam anjangsana wisata ini Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi  juga meninjau peluang investasi di bidang perdagangan hasil bumi sehingga memungkinkan hadirnya investor secara khusus dari Timur Tengah.

Selain itu, lanjut Suhardi, kehadiran Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi  diarahkan juga untuk mengunjungi beberapa pondok pesantren di kota ini dengan harapan ada kerjasama di bidang pendidikan dan pemberdayaan masjid.

"Alhamdulillah kunjungan beliau pertama kali juga telah memberikan sumbangannya ke Masjid Agung Al Mubarak dan membantu penyelesaian pembangunan Masjid Pondok Pesantren Madinatul Khairan Buntuna," ungkap Suhardi.

Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi juga memberi perhatian serius ketika banjir bandang melanda Tolitoli pada Juni lalu dan secara khusus telah mengirimkan bantuanya untuk korban musibah ini.

Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi yang juga sebagai penasehat Dubes Arab Saudi untuk Indonesia dalam kunjungan rihlanya ini menjadi tamu langsung Ketua DPRD Kabupaten Tolitoli.

Sebelumnya, Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi juga telah memfasilitasi Ketua DPRD Tolitoli sehingga beberapa bulan lalu dapat melakukan kunjungan kerja bersilaturrahim dengan Dubes Arab Saudi di Jakarta.

"Kunjungan ini harus ditindaklanjuti dan dibangun dengan intens sehingga dapat menghasilkan kerjasama untuk kemajuan Tolitoli," harap Suhardi.

Dikatakan Suhardi, Perpit Jakarta akan turut berupaya memberikan kontribusi positif untuk membangun daerah diantaranuya dengan memainkan peran-peran mediasi dan promosi.

Hari ini, Selasa (01/08/2017) Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi mengikuti serangkaian acara yang disiapkan oleh Ketua DPRD Andi Ahmad Syarif bersama pemangku Adat Raja Tolitoli Dr. H. Ibrahim Sauda, MBA.Ph.D.

Pada kesempatan tersebut Syaikh Abdullah Saleh Al Rajhi  dinobatkan menjadi sesepuh Pemangku Adat Tolitoli dengan gelar kehormatan "Tau Dakota Tadakoan Adat Lipu Totolri".*

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel