News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Syaharie Jaang Puji Patriotisme Hidayatullah, Hetifah Ajak Segarkan Pancasila sebagai Dasar Negara

Syaharie Jaang Puji Patriotisme Hidayatullah, Hetifah Ajak Segarkan Pancasila sebagai Dasar Negara


Anggota DPR RI Hetifah Sjaifufian ketika menyampaikan materi sosialisasi empat pilar di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda, Kaltim, Jumat, 22 September 2017 (Bobby Hasan/NN)

SAMARINDA – MPR RI menyelenggarakan sosialisasi empat pilar kebangsaan bekerjasama dengan PW Syabab Hidayatullah Kaltim. Acara yang dihadiri ratusan peserta dari kalangan muda dan santri tersebut digelar di Aula Masjid Ponpes Hidayatullah Samarinda, Kaltim, Jumat (22/9/2017).

Pada kesempatan tersebut hadir juga anggota DPR RI Hetifah Sjaifudian, Walikota Samarinda Syaharie Jaang, dan Dandrem 091/ASN Kalimantan Timur Brigjen TNI Irham Waroihan sebagai narasumber.

Hetifah dalam pemaparannya menerangkan Pancasila sebagai ideologi negara perlu selalu diresapi disegar-segarkan khususnya di kalangan generasi muda bangsa. Pancasila sebagai dasar negara menurut dia merupakan pemersatu kita.

“Generasi muda termasuk para santri harus mengetahui pentingnya wawasan empat pilar kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

Senada dengan itu, Walikota Samarinda Syaharie Jaang mengatakan empat pilar merupakan pencerah untuk menuju Indonesia Emas. Ia pun memuji kiprah patriot dan nasionalisme Hidayatullah yang menurutnya tidak perlu diragukan lagi serta komitemnnya dalam menjaga toleransi umat.

Terbukti, kata dia, Hidayatullah di banyak tempat di nusantara hadir dan diterima dengan baik di tengah-tengah komunitas minoritas muslim.

Walikota Samarinda Syaharie Jaang ketika menyampaikan materi sosialisasi empat pilar di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda, Kaltim, Jumat, 22 September 2017 (Bobby Hasan/NN)

 Syaharie Jaang menyebutkan, Siantar tantangan yang tidak ringan dihadapi saat ini adalah gempuran teknologi khususnya internet. Apalagi dengan kian maraknya peredaran berita hoax. Informasi yang tidak atau belum tentu benar atau hoax yang beredar di internet bisa menyesatkan dan berpotensi memecah belah.

Karenanya, Jaang mengajak keluarga Indonesia untuk membendung pengaruh negatifnya dengan membudayakan Tri Sukses.

“Internet itu postif. Tapi kalau sala digunakan bisa negatif. Ada Tri Sukses yang harus kita canangkan yaitu Sukses dalam Keluarga, Sukses dalam mendidik anak dan Sukses dalam karir. Kelak kita akan menyosongsong generasi sehat, tangguh, berakhlak khususnya di Kalimantan Timur,” tukasnya.

Wakil Ketua MPR RI Mahyudin  ketika memberi pengantar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI kepada ratusan pelajar dan pemuda Syabab Hidayatullah di Aula Masjid Kampus Utama Pondok Pesantren Hidayatullah di Samarinda, mengatakan  musuh utama bangsa adalah perpecahan, karena itu anak-anak bangsa perlu terus membangun komitmen persatuan demi menjaga keutuhan.

Pesatuan tersebut ditegaskan Mahyudin mesti menjadi hal yang senantiasa disyukuri dan dirawat dengan baik oleh anak-anak bangsa.

Sebab, sebut dia, jika melakukan napaktilas sejarah, tidak ada yang menduga negara sebesar Uni Soviet atau Yugoslavia bisa bubar dan terpecah menjadi beberapa bagian.  (ksq/nn)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.