Data Center di Pusat Kota Berfasilitas Premium, Cepat & Terjangkau


NASIONALNEWS - Kondisi bisnis yang berlangsung saat ini terus menuntut akan transformasi digital. Maka di era digital seperti sekarang ini, banyak perusahaan yang mengandalkan operasional dan pertumbuhan bisnisnya pada sistem IT dan telekomunikasi (ICT). Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah memiliki lokasi penyimpanan perangkat server untuk data, yakni data center.


Setiap perusahaan membutuhkan layanan data center demi mencegah kehilangan produktivitas, opportunity, revenue, maupun pelanggan. Tak bisa dipungkiri hal tersebut bisa terjadi karena sistem perusahaan down akibat berbagai hal seperti bencana alam, human error, maupun perubahan iklim bisnis yang ada di pasar.


Namun membangun data center tidaklah mudah dan memerlukan biaya yang besar. Mulai dari penentuan lokasi, ketersediaan pasokan listrik, sistem pendingin, dan sarana lain harus dibuat sesempurna mungkin. Maka solusi yang tepat adalah dengan menyewa data center.


Indosat Ooredoo Business menghadirkan layanan data center di pusat kota untuk untuk mendukung kelangsungan bisnis para pelanggannya. Selain di Jatiluhur dan Serpong, Indosat Ooredoo Business juga membangun data center di pusat kota, yaitu di Jakarta. Keuntungannya adalah jaraknya efisien dari pusat bisnis dan perkantoran.


"Lokasi ini juga kami bangun di pusat kota atau Ring-1 Jakarta, tepatnya di Kantor Pusat Indosat Ooredoo di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, jadi area pengamanannya tinggi serta strategis. Sebagai data center, orang IT butuh akses cepat. Jika data center di pusat kota pasti aksesnya lebih cepat, dari pusat perkantoran di seputar Jakarta," ujar Division Head Connectivity & Internet Solutions Indosat Ooredoo Andri Fisaterdi di Wisma Antara, Kamis (15/2/2018).


Selain lokasinya yang strategis, Data Center Indosat Ooredoo Business di Jakarta juga berada di jalur jaringan internet lokal maupun global.


"Ini kami sebut sebagai strategic connectivity. Secara infrastruktur connectivity, Data Center Indosat Ooredoo Business di Jakarta sangat strategis karena di sinilah gateway internasional berada. Jalur koneksi ke luar negeri baik ke Singapura dan Amerika selalu melalui Kantor Pusat Indosat Ooredoo di Jakarta. Ini juga terhubung ke jaringan internet lokal (Internet Exchange)," paparnya.


Secara kualitas preferensi jaringan, lanjutnya, mau akses ke luar negeri maupun ke dalam lebih cepat dan aman. Sebab, ada 3 kabel laut dari Indosat Ooredoo Business, antara lain JAKABARE, SMW3, dan B2JS yang menghubungkan kantor pusat Indosat Ooredoo dengan internet global via Singapura.


Terbaru sedang dibangun kabel laut Indigo yang merupakan hasil konsorsium antara AARNet, Google, Indosat Ooredoo, Singtel, SubPartners, dan Telstra yang bekerja sama dengan Alcatel Submarine Networks (ASN).


Selain itu, Indosat Ooredoo Business juga menjamin kontinuitas perusahaan dengan menyediakan layanan Disaster Recovery Center di masing-masing lokasi yaitu Jakarta, Serpong, dan Jatiluhur yang saling terhubung secara redundant dengan tiga koneksi yang berbeda untuk masing-masing lokasinya. Jadi perusahaan bisa memanfaatkan data center di lokasi yang berbeda jika terjadi gangguan atau bencana di salah satu site.


Andri juga memastikan bahwa dari segi fasiltas dan sistem, Data Center Indosat Ooredoo Business mendapatkan sertifikasi TIER III dari Uptime Institute baik untuk TCDD (Tier Certification Design Document) dan TCCF (Tier Certification Constructed Facility).


Menyewa data center melalui Indosat Ooredoo Business menjadi langkah yang tepat. Sebab, Indosat Ooredoo Business memberikan beberapa layanan.


"Pelanggan bisa memilih, bisa menyewa rak saja atau server saja. Bahkan jika ingin dibuatkan satu gedung juga bisa. Tren bisnis sekarang fokusnya ke core business. Jadi server-nya bisa diserahkan ke kami. Range harga sewa secara keseluruhan mulai Rp 40 juta sampai 50 juta untuk main dan backup data center. Indosat Ooredoo Business menawarkan Data Center kualitas premium dengan harga bersaing," ujarnya.


Perlu diketahui, Data Center Indosat Ooredoo Business juga telah tersertifikasi ISO 27001 dan PCI-DSS yang menjamin keamanan data atau informasi bisnis. Selain itu, Indosat Ooredoo Business merupakan anggota dari Indonesia Data Center Provider Organization (IDPRO) dan memiliki kelayakan menjadi provider data center untuk sektor badan pemerintahan.


*Sumber : detik.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel