News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kecemerlangan Potensi Zakat dalam Mengentaskan Kesenjangan Ekonomi

Kecemerlangan Potensi Zakat dalam Mengentaskan Kesenjangan Ekonomi


Oleh Annisa Syafariyah*)

AL-QUR'AN telah memerintahkan untuk mengeluarkan sebagian harta untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan. Karena harta adalah titipan Allah SWT yang diberikan kepada hamba-Nya dengan ukuran yang berbeda-beda. Pemberian itu bisa dalam berbentuk zakat, infak, sedekah dan wakaf dengan suatu persyaratan tertentu.

Pemberian dana zakat, infak, sedekah dan wakaf harus tepat sasaran sebagimana dalam Al-Qur’an (baca: Q.S 9: 60) hanya diperuntukan kepada delapan golongan yang berhak menerima zakat.

“Seseungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah, dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.”

Pengeluaran dana zakat tesebut dapat diserahkan ke badan ataupun lembaga amil zakat resmi yang sudah profesionl dalam penghimpunan dan penyaluran dana zakat dari muzakki (pemberi zakat) untuk sampai kepada musathik (penerima).

Perintah zakat ini sudah diperintahkan ketika Rasulullah SAW di Mekkah tepatnya pada tahun ke-2 Hijriah. Namun, perintah berzakat disini belum ada kekhususan batsan minimal harta yang wajib kena zakat (nishab) maupun perputaran waktu dari harta yang dimiliki (haul).

Di Mekkah, pembayaran zakat masih atas dasar rasa iman, kemurahan iman dan perasaan tanggungjawab atas orang lain sesama orang yang beriman.

Barulah ketika Rasulullah hijrah ke Madinah, ayat-ayat Al-Qur’an turun memberikan kekhususan dalam penetapan nishab zakat, haul dan perlunya penghimpun zakat (amil) yang bertugas ntuk mengambil zakat dan menyalurkannya kepada delapan golongan mustahik zakat.

Kedudukan zakat dalam agama Islam adalah sebagai fundamen Islam yang utama, seseorang yang mengerjakan sholat tapi tidak membayar zakat keimanannya perlu dipertanyakan. Karena dalam Al-Qur’an dan Hadis, Allah memuji orang yang mengelaurkan zakat dan mengancam orng yang tidak berzakat dengan hukuman yang berat di akhirat.

Hukuman di akhirat, dari hadis Abu Hurairah disebutkan bahwa orang yang tidak mengeluarkan zakar mereka akan dipatuk lehernya oleh ular yang berbisa.

“Siapa yang dikaruniai oleh Allah kekayaan tapi tidak mengeluarkan zakatnya, maka pada hari kiamat nanti ia akan didatangi oleh seekor ular jantan gundul, yang sangat berbisa dan sangat menakutkan dengan dua bintik di atas kedua matanya, lalu ia mematuk lehernya sambil berteriak.’saya adalah harta kekayaanmu, saya adalah kekayaanmu yang kau timbuntimbun dulu.”

Sedangkan hukuman di dunia, sebagimana hadis yang diriwatkan oleh Thabrani, golongan orang-orang yang tidak mengeluarkan zakat akan ditimpa kelaparan dan kemarau panjang.

Dua ancaman dari hadis di atas seyogyanya bisa menjadi sindiran untuk tergerak hatinya untuk mengeluarkan zakat. Dengan begitu tujuan zakat dapat tercapai yaitu, dapat mencukupi kehidupan orang-orang miskin, tidak adanya kesenjangan sosial.

Namun, konsep zakat yang konsumtif dirasa tidak efektif, karena lembaga zakat tidak akan terus-menerus memberikan dana zakat untuk kebutuhan hidupnya selama sebulan, setahun bahkan bertahun-tahun.

Disinilah peran zakat produktif harus dikembangkan dengan baik, yaitu dimana lembaga zakat memberikan modal usaha dengan begitu mustahik dapat memenuhi kebutuhan hidupnya dari hasil keuntungan usaha.

Harapan dari zakat produktif dimana dapat merubah dari mustahik zakat menjadi muzakki zakat. Dengan begitu, angka kemiskinan di Indonesia dapat menurun, dan masalah-masalah kesenjangan ekonomi-sosial di Indonesia ini dapat terselesaikan dengan adanya zakat produktif.
_____
*) Penulis adalah mahasiswa jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.