Productive Student Community, Komunitas Pemuda Menggemparkan!

MUNGKIN di antara kalian sudah mengenal apa itu komunitas, dan sebagian lainnya tidak. Ini semua karena apa yang kita sering dengar dan rasakan adalah berbeda. Sehingga, aku yakin apa yang kita lakukan dapat mempengaruhi pola pikir kita untuk menjadi pemuda yang aktif dan produktif.

Sesuai dengan judulnya, artikel ini akan mengangkat tentang kepemudaan yang senantiasa menggerakkan semangat untuk berkolaborasi aktif sehingga terciptalah aksi nyata.

Sejatinya, hakikat komunitas ini memang secara garis besar memanglah sama pada umumnya. Yakni, sebuah kumpulan orang yang memiliki hobi, visi, dan misi yang sama untuk menjalankannya. Namun, penulis di sini menemukan sebuah komunitas yang berbeda daripada umumnya.

Komunitas ini bernama Productive Student Community (PSC). PSC bergerak berdasarkan oleh panggilan nurani yang terfokus dari beberapa bidang fokus kegiatannya, yakni pendidikan, sosial, dan kewirausahaan.

Walaupun penulis sebenarnya masih perlu banyak menggali lebih dalam dari potensi yang ada. Namun, terlihat dari kegiatan dan pencapaiannya selama ini. Sehingga, apapun yang kita lakukan mampu menjadi sebuah energi yang akan menaikkan semangat juga memperkaya wawasan bersama.

Komunitas merupakan sebuah alat untuk dijadikan sebagai wadah penyaluran inspirasi dan ide berlian seluruh anggotanya. Sejauh mana anggotanya mampu membangun komunitas ini hingga menjadikannya lebih terstruktur dan membawa impact yang kelak akan bermanfaat bagi lingkungan sekitar.

Kegiatan yang biasa mereka lakukan diantaranya: Diskusi online, sharing informasi, ebook, dan membuat event seputar isu-isu kepemudaan dan semua saling menghargai segala perbedaannya. Inilah yang membuat semua anggotanya nyaman dan terus berkembang hingga sebanyak sekarang.

Harapan dari komunitas ini dan para pendirinya adalah terwujudnya komunitas yang mampu membawa perubahan nyata dari pola hidup pemuda saat ini yang masih malas menjadi rajin dan bersemangat, memutar pemikiran pemuda saat ini yang pesimis menjadi optimis, serta melatih jiwa keberanian yang selalu membawa nilai-nilai ketuhanan dan norma masyarakat.

Sisi lain yang menjadi pertimbangan komunitas ini dapat dikategorikan sebagai komunitas pemuda yang terbaik adalah rasa kenyamanan yang dibangun agar satu sama lainnya merasa seperti rumahnya sendiri. Untuk itulah sebuah kolaborasi dapat tercipta dengan baik.

Pada awal berdirinya komunitas ini adalah sebuah ketidak sengajaan. Dahulu komunitas ini hanya sebatas perkumpulan mahasiswa di  dunia virtual. Namun, alasan lainnya yang membuat komunitas ini menjadi besar adalah rasa saling memiliki terhadap tanah air tercinta, dimana sebuah imformasi mampu terangkum dalam sebuah jejaring media sosial.

Maka, hal ini mampu mempermudah penyaringan informasi serta dapat berkontribusi aktif guna merealisasikan impian bersama tersebut. Walaupun, masih begitu banyak kekurangan yang hendak diperbaiki, namun kesatuan tekad seluruh membernya mampu menjadikannya lebih berharga.

Maka, oleh karena itulah komunitas yang berdiri sejak September 2016 lalu ini memiliki nama "Productive Student Community".

Harapannya adalah nama komunitas ini dapat terus menjadi doa dan penyemangat para pendiri dan seluruh anggotanya. Sebab, tiadalah makna yang paling bisa mewakili segalanya kecuali dijadikannya sebagai judul atau nama dari komunitas itu sendiri.

NIRDYA NINGSIH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel