News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kebersahajaan Owner Trio Minang, Aktif Gerakan Sosial dan Pemberdayaan

Kebersahajaan Owner Trio Minang, Aktif Gerakan Sosial dan Pemberdayaan

DEPOK - Tak ada yang menyangkal jika merintis sebuah usaha sungguh tidak mudah. Ia membutuhkan tidak saja keberanian dan modal kapital yang memadai, melainkan juga perhitungan yang matang dan visi yang benar-benar aktualitatif. Demikianlah pula yang dirasakan pengusaha rumah makan ini.

Nama lengkapnya Muhammad Median Rahmat. Biasa disapa Dian. Anak muda ini memulai usahanya dengan tantangan yang tidak sederhana. Dian harus berjibaku dengan rintangan yang sarat onak dan duri. Namun, dengan keuletan dan kesabaran, ia sedikit-sedikit mampu melalui masa-masa payah tersebut.

Betapa tidak. Bisa dibilang Dian memulai usahanya dengan modal ala kadarnya. Perjuangan merintis usaha ini nyaris membuatnya putus asa, namun berkat dukungan keluarga dan dengan mujahadah dan ikhtiar serta doa, kini ia pun mulai merasakan buah dari upayanya tersebut.

Sosoknya yang ulet dan pekerja keras, Dian melakukan banyak pekerjaan serabutan. Pada akhirnya di tahun 1990-an, Dian merantau ke Depok. Dia rela meninggalkan kampung halamannya di Padang, Sumatera Barat, sebagai ikhtiar dirinya untuk mengembangkan kemandirian ekonomi keluarga. Apalagi dirinya merupakan tulang punggung yang sangat diandalkan oleh keluarga.

Melalui kerja keras dan optimisme yang dibungkus ketawakkalan kepada Ilahi, Alhamdulillah pada bulan Juli tahun 2002, Dian berhasil mendirikan Rumah Makan Padang dengan mengusung branding "Trio Minang". Usaha itu terus ia kemas dengan beragam inovasi sehingga semakin berkembang yang menggembirakan.

Usaha tersebut berkembang dan mendapat sambutan luar biasa dari pelanggan. Akhirnya dengan usaha yang sungguh-sungguh, Dian kembali mendirikan cabang rumah makan "Trio Minang" yang kedua.

Anak muda bertalenta luar biasa yang telah mempersunting gadis dari Cirebon dan telah memiliki 1 orang anak ini kini telah memberdayakan sedikitnya 20 orang sebagai karyawan di rumah makan miliknya.

Dian mengatakan, capaian yang telah diraihnya tersebut merupakan anugerah nikmat dari Allah SWT dan merupakan titipan amanah yang harus dijaganya. Karena itu, pihaknya berkomitmen untuk selalu merawat tradisi keswadayaan sosial dengan berbagi kebahagiaan.

"Sebagaimana kita senang menerima kebaikan, maka kita merasa senang pula ketika memberikan apa yang kita bisa kita berikan untuk menyenangkan saudara-saudara kita," kata Dian yang rutin berbagi di hari puasa sunnah Senin-Kamis ini.

"Ketika kita mampu memberikan kita memberikan. Apa yang bisa kita berikan, kita berikan. Jangan lihat nilainya, cukup semampu kita dalam membantu," ujarnya.

Dalam hal peningkatan mutu dan kualitas layanan, ia selalu menekankan kepada karyawannya untuk menjunjung nilai-nilai luhur ajaran Islam seperti senyum, salam, dan sapa serta mendorong karyawannya untuk melaksanakan shalat berjamaah 5 waktu.

Dian juga aktif melakukan kegiatan-kegiatan amal sosial. Diantaranya menjadi donatur tetap Laznas BMH untuk mendukung gerakan pemberdayaan umat dan kiprah penyuluhan dakwah Islamiyah di daerah tertinggal, terdepan dan terluar di berbagai wilayah di Indonesia.

ABDUL RAHMAN 

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.