News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Penetrasi Teknologi dan Dampaknya bagi Perkembangan Generasi Bangsa

Penetrasi Teknologi dan Dampaknya bagi Perkembangan Generasi Bangsa

Oleh Muhammad Reynaldi*

KALIAN mungkin sudah tak asing lagi dengan yang namanya gadget. Dan kemungkinan besar kalian sudah menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti bersosialisasi di media sosial atau untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Tapi, tahukah kamu apa itu gadget?

Atau, jangan jangan kalian tidak atau belum tahu apa itu gadget dan mungkin cuma tau cara memainkannya. Nah, baiklah, jika begitu artikel ini akan membahas tentang pengertian gadget dan fenomena penetrasi massif teknologi serta dampaknya bagi perkembangan anak bangsa.

Menurut KBBI daring bahwa gadget merupakan piranti (perangkat) elektronik atau mekanik yang memiliki fungsi praktis. Jadi secara sederhana, dapat dipahami bahwasanya gadget merupakan bagian dari perkembangan teknologi. Dari perkembangan tersebut kemudian membuat gadget berkembang pesat bahkan dalam hitungan detik.

Secara lebih spesifik saya ingin mengatakan bahwa gadget sebenarnya bisa saja ditafsir sebentuk produk diferensial dari sebuah pertempuran yang bernama perang teknologi. Secara kasat mata, ia memang maujud sebagi material yang distingtif namun sebenarnya ia pelan-pelan adalah tunggal.

Kenapa tunggal? Sebab ia pelan pelan menjadi begitu lekat dan menjadi orientasi tunggal yang membuat penggunanya tunduk. Gadget boleh saja didefinisi sebagai sebuah alat elektronik yang dapat mempermudah kehidupan manusia terutama dalam berkomunikasi. Namun, saya berpendapat, ia pun dapat menjelma menjadi "tuhan" yang selalu dinomorsatukan.

Dan di samping itu, gadget kini sangat mudah dijangkau karena banyaknya produksi gadget di seluruh dunia. Bahkan di sekarang ini gadget tidak hanya dipakai oleh kalangan masyarakat elit sosial saja, kini gadget sudah dapat digunakan oleh semua kalangan, terlepas penggunannya apakah karena motif rasional atau motif emosional.

Dan langsung saja pada pembahasan pada kali ini yaitu pengaruh buruk dan baiknya gadget untuk perkembangan anak bangsa. Banyak orangtua yang dengan senang hati membelikan gadget dan memberikan keluasan yang sebebas-bebasnya pada anak-anaknya. Dengan alasan tindakan tersebut memberikan kemudahan bagi mereka (orang tua) dalam mengawasi dan menjaga si buah hati.

Orangtua tampaknya tak merisaukan bagaimana dampak buruk yang akan menimpa si buah hatinya yang disebabkan gadget tersebut, meskipun tentu saja ada pula dampak baiknya. Memang sekarang ini sering sekali kita temukan pemanfaatan gadget menjadi salah satu jalan pintas orangtua dalam mengasuh anak-anaknya. Semata-mata agar anaknya diam dan tenang, dan orangtua pun asyik dengan dunianya sendiri. 

Berbagai fitur dan aplikasi mereka manfaatkan dengan dalih untuk tujuan menemani anak agar orangtua dapat menjalankan aktivitasnya dengan santai tanpa khawatir anaknya keluyuran, bermain kotor, membuat rumah berantakan, yang akhirnya membuat rewel dan membuat orangtua terganggu dalam menjalankan aktivitas.

Dan kini peran orangtua mulai tergantikan oleh sebuah alat elektronik yang selalu menemani si anak tersebut sebab orangtuanya pun beranggapan bahwa gadget mampu menjadi teman bermain yang aman bagi anak.

Dampak Gadget

Ada beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh gadget yang berpengaruh terhadap perkembangan anak yang membuat anak kecanduan, di antaranya:

1. Waktu akan terbuang sia-sia
Anak anak akan sering lupa waktu ketika sendang asik bermain gadget. Mereka membuang waktu yang tidak terlalu penting, padahal waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk aktivitas yang mendukung kematangan dalam perkembangan pada dirinya. Anak dengan golden age usia 0-10 tahun sebaiknya memang tak terpapar teknologi gadget, begitu pesan pemerhati kependidikan anak.

2. Perkembangan otak
Jika anak terlalu lama menggunakan gadget di kesehariannya akan mengakibatkan terganggunya perkembangan pada otak. Akibatnya, timbul hambatan dalam kemampuan berbicara (tidak lancar komunikasi) dan menghambat kemampuan dalam mengekspresikan pikirannya.

3. Tumbuh kembang yang lambat
Bahaya penggunaan gadget pada anak juga membatasi gerak fisiknya. Diantaranya membuat tumbuh kembang fisik anak menjadi terlambat. Paparan teknologi sejak dini juga mempengaruhi kemampuan literasi dan prestasi akademik anak secara negatif.

4. Kurang tidur
Seperti yang sudah beredar di media sosial bahwasanya 75% anak usia 9-10 tahun mengalami kurang tidur karena penggunaan teknologi tanpa pengawasan, dan kurang tidur tersebut menyebabkan penurunan tingkat kecerdasan nya, kurang konsentrasi, daya ingat yang lemah.

5. Banyak fitur dan aplikasi yang tidak sesuai dengan usianya
Dampak negatif yang satu ini di karenakan banyak nya fitur atau aplikasi yang tidak sesuai dengan usia anak, yang miskin nilai norma edukasi dan agama.

6. Berperilaku agresif
Tayangan tayangan yang berisi kekerasan beresiko membuat anak menjadi lebih agresif, semakin sering anak terpapar tayangan kekerasan maka semakin besar pula kemungkinan anak menjadi lebih agresif pada orang-orang di sekitarnya.

Jika anak sudah terkena dampak negatif gadget seperti yang sudah disebutkan di atas bagaimana untuk mengatasinya? Tenang saja. Tidak ada kata terlambat untuk merubah sebuah kebiasaan buruk, selagi ada tekat, niat dan keinginan yang kuat maka kita bisa mengubah sebuah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baru pada anak yang dapat membawa pada perkembangan yang baik pada diri anak kedepannya.

Berikut beberapa cara mengatasi dampak negatif gadget, yaitu, pertama luangkan waktu untuk bermain dan berdiskusi dengan anak. Kedua, berikan alternatif mainan yang lebih bermanfaat bagi anak. Ketiga, tekankan/ berikan batasan waktu untuk anak bermain gadget dan batasan pemakaian internet.

Gadget sebenarnya tidak hanya menimbulkan dampak negatif saja bagi perkembangan anak, karena gadget terdapat dampak positif nya pula untuk perkembangan dirinya, diantara yaitu:

1. Mempermudah komunikasi
Sudah tidak heran jika gadget mempermudah dalam komunikasi, dengan orang lain, dengan jarak yang cukup jauh atau jauh sekalipun dengan cara SMS, telepon atau dengan aplikasi lain yang ada kita.

2. Menambah pengetahuan
Dalam hal pengetahuan kita dengan mudah mengakses atau mencari sebuah situs tentang pengetahuan yang sedang kita cari pengertian nya dengan website dari aplikasi yang berada pada gadget kita seperti website Nasional.news ini, dll.

3. Menambah teman
Munculnya berbagai situs media sosial seperti yang sudah kita ketahui memungkinkan kita untuk menambah banyak teman, bahkan dari berbagai belahan dunia. Jadi gadget membuat dunia seperti berada pada genggaman kita.

4. Muncul metode-metode pembelajaran yang baru
Dengan muncul nya aplikasi-aplikasi yang menjadi metode pembelajaran yang baru tersebut dapat membantu dan memudahkan anak anak kita dalam proses pembelajaran, dan dengan kemajuan teknologi tersebut terciptalah metode baru yang membuat anak mampu memahami materi-materi susah dimengerti.

Itulah dampak positif dari gadget bagi perkembangan anak-anak bangsa, dan oleh karenanya gadget pun punya manfaat bagi kalangan orang tertentu. Akan tetapi tetap saja ada dampak negatif yang timbul dalam pemanfaatan gadget bagi kalangan remaja, anak-anak, bahkan balita.

Oleh karena itu kita semua memiliki peran untuk menghimbau untuk meminimalisir pemakaian gadget untuk berbagai kalangan, melihat dari dampak negatif penetrasi teknologi informasi yang cukup membuat kita tahu bahwa semua itu buruk.

_______
MUHAMMAD REYNALDI, penulis adalah mahasiswa STEI SEBI. Penulis adalah lulusan TK Alfarida Bogor, lulusan SDN 5 Jampang, alumni MTs Al-Farabi Jampang dan menyelesaikan studi menengah atas di SMK Luqman Al-Hakim Jampang Parung.

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.