News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

WhatsApp Down, Disinyalir Pengguna di Seluruh Indonesia Terdampak

WhatsApp Down, Disinyalir Pengguna di Seluruh Indonesia Terdampak

JAKARTA -- Hingga siang ini, WhatsApp masih down. Sejak semalam kondisi ini sudah dikeluhkan. Banyak pengguna mengaku tak bisa mengirim foto bahkan foto dengan ukuran byte kecil. Pengguna WhatsApp di Depok, Muhammad Irwan, seorang konsultan, mengaku sudah mencoba terus namun gagal berkali-kali mengirim materi foto ke koleganya.

"Gagal terus bro. Dari tadi gak bisa kirim gambar," kata Irwan dalam obrolan dengan media ini, Kamis (14/3/2019).

Irwan mensinyalir, kondisi ini berdampak tidak saja di Jakarta dan sekitarnya. Namun juga seluruh Indonesia. Dia mengatakan telah mengontak sejawatnya di berbagai daerah di Indonesia dan mengeluhkan hal yang sama.

"Sepertinya merata. Saya kotak teman-teman di beberapa daerah juga mengalami hal serupa," kata pengusaha kayu jabon ini.

Seperti diketahui, tagar #FacebookDown, #InstagramDown, dan WhatsApp menjadi topik terpopuler dunia. Tagar Facebook dan Instagram mulai menanjak sejak tujuh jam lalu dan bertengger di topik terpopuler dunia dalam satu jam bersamaan dengan meningkatnya keluhan soal layanan WhatsApp.

Lantas negara mana saja yang terdampak dengan gangguan layanan ini? Situs DownDetector mengompilasi lokasi-lokasi dimana ketiga layanan ini dilaporkan bermasalah.

Dari hasil laporan yang masuk ke situs tersebut sejak pukul 23:00 WIB, tercatat laporan gangguan terbanyak pada WhatsApp didapat dari Meksiko, Venezuela, Indonesia. Sebagian wilayah di Amerika Serikat, Argentina, Brazil, juga ikut melaporkan masalah ini.

Sementara untuk masalah kesulitan akses Facebook, berdasarkan catatan laporan yang masuk terjadi di Jepang, Taiwan, Australia Barat, Brazil, dan sebagian wilayah Amerika Serikat.

Laporan dari negara-negara yang nyaris serupa juga terjadi atas keluhan layanan Instagram yang down. Pengguna di Singapura, Indonesia, Jepang, sebagian Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, dan Rusia melaporkan hal tersebut.

Semalam, pengguna melaporkan layanan Instagram, Facebook, dan WhatsApp mereka mengalami masalah. Pengguna Facebook kesulitan beraktivitas di akun mereka, seperti mengunggah status, atau mengakses profil.

Sementara pengguna Instagram berkali-kali tidak bisa masuk ke akun mereka ataupun menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Pengguna WhatsApp melaporkan kesulitan mengirim gambar ataupun pesan.

Sehari sebelumnya, layanan Gmail dan Google Drive juga dilaporkan bermasalah. Hal ini menyebabkan pengguna kesulitan melakukan pengiriman dan penerimaan surel, serta sulit mengunduh file mereka di Google Drive.

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.