Mengetahui Perolehan Suara DPD RI, Siapa Saja yang Lolos ke Senayan?

JAKARTA - Sudah lebih dari 24 jam usai pemilihan umum (Pemilu) untuk menentukan anggota legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres). Namun, belum ada tabulasi data yang  menggambarkan pencapaian suara yang diraih para calon khususnya untuk Pemilu Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI).

Adapun untuk Pileg DPRD Kota, DPRD Provinsi dan DPR RI, setidaknya sudah dapat sedikit dilacak melalui hasil hitung cepat (quick count) yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei nasional.

Sementara untuk DPD RI, tidak ada hitung cepat yang ditampilkan di televisi maupun di situs-situs berita. Umumnya data yang beredar adalah perolehan suara calon yang dilakukan oleh timses masing-masing yang tentu harus diuji validitas dan metodologinya. 

Masyarakat luas masih bertanya-tanya apakah jagoan untuk DPD RI mereka lolos atau gagal. Apalagi memang diketahui tak ada lembaga survei yang secara resmi melakukan perhitungan cepat yang kemudian dirilis di media elektronik seperti televisi.

Berbeda dengan yang lain, untuk Pileg, baik tingkat Kota, Provinsi dan Pusat, sudah dapat diketahui melalui hitungan cepat lembaga survei. Meski tak secara spesifik pendataannya pada personal calon dari masing-masing partai, namun data kolektif perolehan suara partai sudah dapat dilacak. 

Dalam data quick count yang disajikan enam lembaga survei pemilihan legislatif (Pileg) per Kamis 18 April 2019 pukul 13.00 WIB menunjukkan PDI Perjuangan menempati juara pertama, Partai Gerindra juara kedua.

Namun perlu diketahui, quick count bukanlah merupakan hasil resmi pemilu. Untuk hasil resmi pemilu, menunggu perhitungan suara secara manual oleh KPU.

Ambang batas parlemen adalah perolehan suara minimal partai politik dalam pemilihan umum untuk diikutkan dalam penentuan perolehan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat.

Menurut UU No. 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, ambang batas parlemen untuk pileg 2019 ditetapkan sebesar 4 % dan berlaku nasional untuk semua anggota DPR.

Berikut ini selengkapnya hasil hitung cepat Pemilu Legislatif 2019 dari enam lembaga survei dengan data per Kamis 18 April 2019 pukul 13.00 WIB.

Selengkapnya, bisa dilihat dalam infografis AntaraNews berikut:

Namun, bagi masyarakat Indonesia yang tetap ingin mengetahui perolehan suara untuk DPD RI jangan gusar apalagi bersedih hati. Anda dapat memantau tren suara jagoan Anda melalui hasil hitungan pasti (real count) yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dapat diakses melalui situsnya www.kpu.go.id atau klik di sini.

Sekedar tambahan, Anda perlu sedikit bersabar untuk bisa melihat data yang ada di situs KPU karena belum terisi lengkap. Sebagian besar malah masih kosong, bahkan untuk daerah pemilihan di kota besar seperti DKI Jakarta, Jawa Barat dan sebagainya.

Namun tak perlu risau. Proses hitung ini masa lama dan panjang. Pemungutan dan perhitungan suara dilakukan pada rentang waktu 8 April 2019 - 17 April 2019, periode waktu yang tertera termasuk waktu pencoblosan di luar negeri. Setelah itu KPU baru akan melakukan rekapitulasi perhitungan suara secara real count dan manual. Rekapitulasi itu dilakukan pada 18 April 2019 - 22 Mei 2019.

FERDY GUARDIANSYAH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel