News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kabupaten Kutai Timur Makin Mantapkan Diri Menuju Smart City

Kabupaten Kutai Timur Makin Mantapkan Diri Menuju Smart City

BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur dalam hal ini diwakili Dinas Komunikasi Persandian dan Statistik Kabupaten Kutai Timur menghadiri kegiatan  penilaian evaluasi tahap I Program gerakan Menuju 100 Smart City 2019. Kegiatan ini digelar Kementerian Kominfo di Hotel Aston, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (18/6/2019) lalu.

Tim Kutai Timur, dipimpin Kadis Kominfo Perstik Ir Suprihanto CES, bersama Plt. Kadis Pendidikan DR Roma Malau, perwakilan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Kabid Infrastruktur Diskominfo Perstik, Insan Bowo Asmoro ST.

“Penilaian evaluasi tahap I untuk smart city di Kutai Timur, sudah kita ikuti. Kami sudah mempresentasikan apa yang dilakukan untuk menuju program Smart City ke depan. Nanti, setelah ini akan dilakukan evaluasi kembali oleh tim dari Kementerian Kominfo,” ungkap Suprihanto seperti dikutip laman Pemkab.

Seperti diketahui, dalam mewujudkan smart city di Kabupaten Kutai Timur, Pemkab Kutim melalui Diskominfo Perstik mengimplementasikan master plant  yang difokuskan pada program 4 links smart city.

Pertama, Smart Governance, berupa sinergitas antar lembaga pemerintah demi tercapainya layanan publik yang semakin prima. Satu di antaranya adalah penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Integrasi sistem perencanaan dan sistem keuangan, manajemen sistem pelayanan terpadu serta pembayaran PBB secara online.

Kedua, Sistem Informasi Statistik Daerah (SISD), menghasilkan database statistik pembangunan daerah Kabupaten Kutai Timur yang bisa diakses melalui web dan smartphone android, serta menyediakan sistem informasi statistik daerah yang berisi informasi tentang statistik daerah.

Ketiga, Smart Society, menyediakan pelayanan pendidikan terintegrasi digital. Untuk pemerataan pendidikan dan kualitas pendidikan, Pemkab Kutim juga menerapkan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah-sekolah. Program pengawasan orang tua pada anaknya di sekolah yang bisa diakses orang tua melalui smartphone.

Keempat, Smart Environment dan Smart Living, melakukan revitalisasi kawasan folder Sangatta, penataan pedagang, fasilitas olahraga, wisata serta kuliner yang lebih terintegrasi.

Di tempat terpisah, Bupati Kutai Timur Ir H Ismunandar MT menyambut baik evaluasi tahap I yang diikuti Diskominfo Perstik Kutim di Banyuwangi. Ia berharap program ini berjalan sesuai tahapan yang sudah direncanakan. Karena sangat bermanfaat bagi pembangunan maupun pelayanan di Kabupaten Kutim.

“Dengan program smart city, perencanaan kita lebih terpadu. Mulai jangka pendek, menengah maupun jangka panjang. Selain itu, smart city juga memudahkan semua pihak, stakeholder, pemerintah, dan pemangku kepentingan lainnya, yang mau berinvestasi di Kutim,” kata Ismunandar[]

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.