News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Bekali PPKD Pemkab Humbang Hasundutan, Wakil Bupati Ingatkan Pentingnya Persatuan

Bekali PPKD Pemkab Humbang Hasundutan, Wakil Bupati Ingatkan Pentingnya Persatuan

DOLOKSANGGUL - Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora, membuka acara kegiatan Pembekalan Panitia Pemilihan Kepala Desa di Aula Hutamas Kompleks Perkantoran Tano Tubu Doloksanggul, Selasa(2/7).

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati mengingatkan pentingnya menjaga persatuan di tengah perbedaan yang ada, apalagi dalam suasana pesta demokrasi. 

"Pilkades adalah pelaksanaan kedaulatan rakyat di desa dalam rangka memilih kepala desa yang bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil. Pilkades merupakan pesta demokrasi tingkat desa yang didalamnya terkandung makna sukacita, kebahagian dan kebersamaan meski terdapat berbagai perbedaan," kata Saut Parlindungan Simamora seperti dilansir Humas Kabupaten Humbang Hasundutan.

Ia berpesan, di tengah-tengah perbedaan itu ada sebuah tujuan untuk menyatukan hati menuju kebaikan yaitu membangun desa yang kita cintai lewat pimpinan yang dipilih secara demokrasi yaitu dari kita, untuk kita dan oleh kita.

Wakil Bupati melanjutkan bahwa dalam rangka mensukseskan Pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Humbang Hasundutan ini, sangat ditekankan kepada bapak/ibu PPKD untuk menjunjung tinggi sikap netralitas kepada seluruh calon kepala desa, kemudian selalu berpedoman kepada peraturan perundang-undangan, memilki sikap tegas dan berani dalam menerapkan setiap tahapan Pilkades serta teliti dalam hal kelengkapan berkas dan keabsahan persyaratan.

"Selalu menjalin komunikasi dan berkordinasi bersama tim fasilitator dan pengawas, mengajak seluruh masyarakat yang sudah memiliki hak suara untuk turut berpartisipasi dalam pilkades serentak juga menegaskan kepada para calon kepala desa unutk senantiasa menjaga kekondusifan di tengah-tengah masyarakat," kata Wakil Bupati dalam pembukaan pembekalan tersebut.

Turut hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan Drs Tonny Sihombing, M.IP, Dandim yang di wakili oleh Pabung 0210/TU Mayor Inf Holdem Gultom dan Kapolres yang diwakili oleh Plt Kasad Binmas Iptu Mokh Musoma.

Hadir pula Kadis PMDP2A Drs Vandeik Simanungkalit, MM sebagai Pembicara, Camat se- Kabupaten Humbang Hasundutan, Kepala Desa dan para Panitia dan Peserta Kegiatan Pembekalan Pemilihan Kepada Desa di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Dalam laporannya, Kadis PMDP2A, Drs Vandeik Simanungkalit, MM, adapun maksud kegiatan ini adalah agar terlaksananya pembekalan PPKD secara serentak tahun 2019 di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan tujuan membekali PPKD dalam menjalankan tugas dan fungsinya selama pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2019 di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Peserta pembekalan juga diharapkan mampu memahami mekanisme dan prosedur pelaksanaan Pilkades serentak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku sehingga Pilkades dapat berjalan dengan baik, lancar, tertib dan sukses.

Kapolres Humbang Hasundutan melalui Plt Kasad Binmas juga menghimbau agar panitia dan PPKD supaya netral dan profesional dalam pelaksanaan Pilkades unutk menghindari terjadinya perpecahan di tengah-tengah masyarakat.

Demikian halnya Mayor Inf Holden Gultom, dalam kata sambutannya mengatakan pada Pilkades nanti agar semua elemen masyarakat harus berperan aktif menjaga keamanan agar pemilihan berjalan dengan aman dan lancar.[]

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.