News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Fotografer Ini Abadikan Keindahan Kawasan Pulau Kedindingan Bontang

Fotografer Ini Abadikan Keindahan Kawasan Pulau Kedindingan Bontang

BONTANG - Barangkali mendengar namanya pun baru sekarang. Bukan saja nama, bisa jadi lokasi ini belum banyak diketahui sebagai salah satu tujuan destinasi wisata yang menjanjikan dengan eksotisme alam bawah lautnya yang aduhai.

Namanya, Kepulauan Kedindingan. Meski punya potensi menjanjikan sebagai heritage dan secara ekonomis bisa menopang portofolio kepariwisataan Kota Bontang. Namun sayangnya belum banyak informasi tentang pulau ini. Malah justru yang banyak beredar adalah cerita mistis tentang pulau Kedindingan.

Kisah mistis tentang Kepulauan Kedindingan memang terlalu bombastis padahal berbagai cerita itu masih harus diverifikasi. Orang-orang menilai sekitar Kepulauan Kedindingan dianggap sebagai daerah angker.

Selama ini umumnya warga Bontang, Kalimantan Timur, dan sekitarnya umumnya hanya familiar dengan nama pulau lainnya seperti Pulau Beras Basah dan sejumlah lokasi pemukiman di atas laut lainnya.

Kepulauan Kedindingan sejatinya merupakan kawasan yang indah dan menawan hati. Sebuah pulau yang dianugerahi oleh Tuhan ragam eksotisme alamnya yang memanjakan mata. Di sini kita bisa berwisata bawah laut seraya membesarkan nama pencipta-Nya dalam ketakjuban yang luar biasa.

Seorang pengusaha yang juga freelance fotografer sejumlah media asal Samarinda, Abdul Aziz, boleh jadi merupakan orang pertama yang berhasil "membongkar" keindahan alam di kawasan Pulau Kedindingan.

Dibersamai oleh teman berlayar, Rijal Abinauf, Abdul Aziz berhasil mengabadikan pemandangan bawah laut kawasan Pulau Kedindingan yang sungguh indah.

Dalam keterangannya di Facebook, Abdul Aziz, menyebutkan Pulau Kadindingan memiliki underwater yang menakjubkan. Karangnya masih terjaga dan rapat dengan variasi yang lumayan terutama hard coral-nya.

"Ikan juga lumayan banyak, walaupun kejernihannya tidak semenakjub Indonesia timur tapi cukup bagus bagi yang suka snorkling. Semoga tetap terjaga kelestariannya," kata Aziz yang hobi keliling nusantara menyusuri alam bahari Indonesia.

Aziz berharap Pulau Kadindingan terus dilestarikan dan dijaga. Bahkan menurutnya, pulai ini berpotensi untuk dikembangkan menjadi kawasan wisata terpadu. Tinggal bagaimana pengelolaan dan upaya pengembangannya.

"Semoga tidak dirusak. Kalau dikelola dan promosi dengan benar seputaran Beras Basah bisa jadi wisata terintregitas. Apalagi kalau ada resort di Kedindingan, tambah menarik," ujarnya.

Diketahui, selain sebagai kota industri, Kota Bontang juga memiliki daya tarik dari sektor pariwisata khususnya wisata pesisir laut. Selama ini diantara yang kerap jadi tujuan wisata diantaranya Tanjung Limau, Pulau Gusung, Pulau Tihi-Tihi, Pulau Melahing dan lainnya.

Semoga Pulau Kedindingan ke depannya juga juga semakin dikembangkan menjadi wahana wisata laut bagi masyarakat Bontang dan sekitarnya, maupun bagi wisatawan dari luar kota dan mancanegara.[]

FOTO-FOTO (Oleh Abdul Aziz)











Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.