News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Pemkot Balikpapan Sepakati Kerjasama Berbagai Sektor dengan Kabupaten Donggala

Pemkot Balikpapan Sepakati Kerjasama Berbagai Sektor dengan Kabupaten Donggala

BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Donggala. Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan Bupati Donggala Kasman Lassa telah melakukan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Tentang Kerjasama Pembangunan Antar Daerah. Penandatangan dilakukan di Auditorium Kantor Wali Kota Balikpapan, Selasa (16/7/2019).

Kerjasama ini dimaksudkan untuk meningkatkan keterpaduan pembangunan antar daerah serta mewujudkan efisiensi, efektivitas, dan sinergitas dalam pemanfaatan dan pengembangan potensi daerah masing-masing yang mempunyai keterkaitan, saling membutuhkan sumber daya maupun dalam hal yang berkaitan dengan letak geografis, dengan prinsip saling menguntungkan.

Sedangkan, tujuan dari kesepakatan bersama ini ialah untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

Adapun, ruang lingkup kerjasama ini meliputi manajemen perkotaan, promosi perdagangan, industri dan investasi, kebudayaan dan pariwisata, kebersihan dan pertamanan, pengelolaan potensi pangan masyarakat, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pendidikan dan pelatihan.

Bupati Donggala Provinsi Sulawesi Tengah, Kasman Lassa mengatakan di Kabupaten Donggala ada sekitar 15 kecamatan yang memiliki potensi alam yakni batu kerikil, batu gajah, dan batu bangunan lainnya.

Menurutnya potensi yang dimiliki Donggala dapat dikerjasamakan seperti sektor pertanian, perternakan, dan perikanan. Terutama kerjasama bahan mineral logam dan batu kerikil.

Nantinya, lanjut Kasman, Pemkab Donggala akan melakukan pola perizinan dan jalinan usaha satu pintu. Sedangkan bisnis usaha tersebut bisa dilakukan perusahaan daerah dari Donggala dan Balikpapan.

"Jadi nanti, beli batunya melalui perusahaan daerah. Kalau sekarang ini masih dilakukan masing-masing secara perseorangan, jadi batu diambil, diangkut dan dikirim ke luar daerah. Makanya nggak ada pemasukan ke kas daerah," jelas Kasman Lassa seperti dilansir portal www.balikpapan.go.id, Rabu (17/7/2019).

Dia berharap dengan adanya kerjasama ini bisa meningkatkan potensi pendapatan daerah Kabupaten Donggala, yang saat ini mencapai Rp 70 Miliar, sedangkan Balikpapan sudah mencapai Rp 800 miliar lebih.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi merespon baik kerja sama tersebut. Nantinya akan ditindaklanjuti dengan menggandeng pengusaha lokal untuk menjalin usaha dengan Kabupaten Donggala.

"Kita bisa ajak belajar di sini, mulai dari pariwisata, pendidikan dan sebagainya," kata Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.

Rizal pun menjelaskan, kerjasama ini semua bidang, mulai dari sapi, perternakan dan pertanian. "Ini bisa menekan harga yang ada di Balikpapan, karena 90 persen semua barang di Balikpapan didatangkan dari luar," kata Rizal Effendi.

Dia menambahkan, selain memenuhi kebutuhan juga kerjasama ini diharapkan dapat menambah peluang usaha bagi kedua belah pihak.

“Kerjasama antara Kota Balikpapan dengan Kabupaten Donggala sudah berlangsung lama. Tidak hanya sebatas pada pasokan dibidang kebutuhan bahan pokok, namun juga pada material bahan bangunan seperti pasir palu dan bahan material batu lainnya,” tukas Wali Kota Balikpapan.[]

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.