News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Sultan Muda Firman Mudaffar Sjah Buka Diklat SAR Hidayatullah di Ternate

Sultan Muda Firman Mudaffar Sjah Buka Diklat SAR Hidayatullah di Ternate

TERNATE - Menyadari kerentanan dimana Indonesia yang merupakan negara kepulauan rawan bencana, SAR Hidayatullah terus berupaya meningkatkan kapasitas relawan agar dapat selalu sigap setiap kali ada bencana yang terjadi. Kali ini SAR Hidayatullah menyelenggarakan Pendidikan dan Latihan Dasar tentang Ke-SAR-an yang diselenggerakan di Kota Ternate.

SAR Hidayatullah adalah badan pendukung ormas Hidayatullah bertugas mengkoordinasi dan memobilisasi sumberdaya dalam tanggap darurat bencana, mitigasi, kewaspadaan dini dan rehabilitasi pasca bencana.

Diklatsar yang kali pertama untuk wilayah Ternate Maluku Utara ini mengusung tema "Membentuk Personel SAR Hidayatullah yang Taqwa, Tanggap, Tangguh dan Trengginas". Kegiatan akan berlangsung selama 10 hari ke depan.

Bertempat Pondok Tahfidz Putra Hidayatullah Ternate, acara Pembukaan Diklat SAR Hidayatullah tersebut disambut dengan meriah yang dihadiri sekaligus dibuka oleh Kesultanan Ternate Sultan Muda Firman Mudaffar Sjah.

Acara pembukaan turut dihadiri Ketua DPW Hidayatullah Maluku Utara Ust Riyadi Poniman, unsur pimpinan Basarnas Maluku Utara Halidin La Bidu, perwakilan Polres Ternate AKBP Azhari Zuanda S.IK dan Komandan Pusat SAR Hidayatullah Abbas Usman yang dibersamai sejumlah jajarannya serta Sholeh Syukur Selaku pembina Upacara dalam Acara pembukaan tersebut.

Dalam sambutannya membuka acara, Kesultanan Ternate Sultan Muda Firman Mudaffar Sjah mengapresiasi SAR Hidayatullah yang telah menggelar kegiatan diklat tersebut. Menurutnya, kegiatana ini adalah merupakan ikhtiar untuk memberi kemaslahatan. 

"Ikhtiar diperlukan bagi kita yang tinggal di lokasi lokasi yang rawan bencana. Diklat SAR Hidayatulah adalah bagian dari ikhtiar itu sendiri. Hal utama lainnya sebenarnya adalah bagaimana menjaga hubungan dengan alam dimana kita tinggal," kata darah Anak Sultan Ternate ke-48 ini seperti dikutip dari laman resmi ormas Hidayatullah.

Ilham selaku ketua panitia mengatakan bahwa, Diklat SAR Hidayatullah Maluku Utara ini akan dilaksanakan selama sepuluh hari mulai dari tanggal 01 hingga 10 Juli 2019 dengan jumlah peserta sebanyak 35 orang yang merupakan perwakilan dari sejumlah kabupaten kota di Maluku Utara.

Diklat SAR Hidayatullah menghadirkan Instruktur Nasional dari Pengurus Pusat SAR Hidayatullah yaitu Irwan Harun, Krisdiansyah, Murdianto dan Syaharuddin Yusuf yang akan melatih dan mendidik para peserta dengan materi-materi yang sudah disiapkan. Kegiatan ini juga mengundang instruktur dari unsur Basarnas dan sebagainya., 

"Harapan dari kegiatan ini, semoga melahirkan para relawan-relawan SAR Hidayatullah yang terlatih dan siap memberikan pertolongan ketika musibah bencana terjadi tanpa tapi, tanpa nanti," ucap Irwan Harun selaku Kepala Diklat Pusat SAR Hidayatullah.[]

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.