News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Terapkan Pertanian Alami, Desa Salassae Dapat Kunjungan Kelompok Tani Desa Patalassang

Terapkan Pertanian Alami, Desa Salassae Dapat Kunjungan Kelompok Tani Desa Patalassang

BULUKUMBA - Rombongan kelompok tani se-desa Patalassang Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai melakukan studi banding ke Balai Pendidikan Komunitas Swabina Pedesaan Salassae (KSP-S) di Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Ahad (21/7/2019).

Ketua KSP-S, Ponnong,mengatakan bahwa pertanian alami merupakan pertanian yang selaras alam atau pertanian yang memanfaatkan bahan alami yang tersedia di lingkungan sekitar atau menggunakan kekayaan lokal.

"Pertanian alami juga merupakan cara bertani yang mengasuh dan memelihara kehidupan dengan riang gembira, bahagia, penuh keikhlasan, dan menjalin keharmonisan atau keselarasan dgn alam beserta isinya," kata dia.

Dengan bertani alami, lanjut ia, kita bisa membangun kembali kemandirian petani tanpa harus tergantung pada industri benih, bibit, pupuk, dan pestisida.

"Tentunya agar petani bisa menghasilkan pangan sehat. Dan pertanian alami akan menjaga lingkungan sekitar agar tetap terpelihara. Pertanian alami juga sangat erat kaitannya dengan keyakinan. Keyakinan inilah yang bisa mamaksimalkan hasil pertanian alami," ujarnya.

Jamaluddin, kepala Desa Patalassang yang memimpin langsung kelompok tani untuk study banding di KSP-S agar dapat belajar banyak dari perbandingan antara pertanian konvensional dengan pertanian alami.

"Sebenarnya pelatihan pertanian alami sudah pernah dilakukan di desa Patalassang setahun lalu. Ada  kelompok tani Patalassang  yang sudah mempraktekkan teori pertanian alami, hanya saja itu belum menyeluruh di warga patalassang," katanya.

Lanjut ia, hari ini kami melakukan studi banding di KSP-S dengan tujuan agar kami bisa mendapatkan perbandingan antara pertanian konvensional dengan pertanian alami. Agar pengurus kelompok tani Patalassang dan masyarakat Patalassang bisa melihat sendiri hasil dari pertanian alami di lahan sawah teman-teman di Salassae (KSP-S).

"Setelah dari sini kami akan menerapkan pertanian alami di semua kelompok tani Patalassang dan di lahan sawah masyarakat Patalassang," ucapnya.

Ia menambahkan, saya juga akan menekankan kepada warga saya untuk  segera beralih dari pertanian konvensional ke pertanian alami (natural farming).

"Pertanian alami petani bisa menghasilkan pangan sehat dan agar ada regenerasi petani alami di desa saya, selanjutnya kami akan melakukan kerja sama dengan teman KSP-S dalam hal pendampingan," tambahnya.

"Saya selaku pemerintah desa Patalassang akan merespon penuh program pertanian alami yang akan kami implementasikan di desa Patalassang kedepannya," tutupnya.

ANDI ALFIAN SALASSA

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.