News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Usung Spirit Jihad Lingkungan, Festival Sungai Santan II Digelar Desember

Usung Spirit Jihad Lingkungan, Festival Sungai Santan II Digelar Desember

KUTAI KARTANEGARA - Komunitas Tani Muda Santan bersama warga akan kembali mengadakan helatan tahunan Festival Sungai Santan (FSS) ke-II yang rencananya akan digelar pada bulan Desember 2019 mendatang.

Namun, belum ada bocoran soal hari/tanggal dan apakah pusat acara di lokasi yang lain atau tetap di Dusun Kampung Masjid, Desa Santan Tengah, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Festival Sungai Santan untuk kali kedua ini dikomandani oleh ketua panitia, Adi Rahman, yang juga pengurus Komunitas Tani Santan.

Ketua Tani Muda Santan, Taufik Iskandar, mengemukakan gelaran Festival Sungai Santan adalah merupakan upaya menjaga narasi kehidupan sosial-budaya dan ekonomi masyarakat setempat yang tidak terlepas dari entitas "sungai".

Karenanya, kegiatan ini sarat dengan spirit jihad lingkungan guna mengkampanyekan gerakan pelestarian sungai dan ekosistem yang berkelindan dengannya agar tetap lestari dengan hamparan sumber dayanya yang tersaji melimpah untuk manusia.

Pembentukkan panitia pada tanggal 28 April lalu menyiratkan jihad lingkungan bagi anak muda yang hadir di forum tersebut sembari mengenang perjalanan FSS pertama yang berlangsung pada tanggal 22-23 Desember 2018.

Taufik Iskandar mengatakan, Sungai Santan telah menyejarah dalam berbagai dimensi kehidupan masyarakat sekitar, setidaknya 3 desa yaitu Santan Hulu, Santan Tengah dan Santan Hilir menggantungkan hidup mereka di Sungai Santan.

"FSS tidak dihadirkan untuk seremonial semata, tetapi ada semangat perjuangan untuk mengembalikan Sungai yang telah 'hilang'," kata Taufik.

Dalam kalimat pengantarnya saat pembentukan panitia, Taufik merefleksikan secara ontologis tentang eksistensi Sungai sebagai hal yang wajib dirawat oleh semua komponen masyarakat dalam bentuk fikiran dan imajinasi yang bermuara pada kesadaran kolektif.

FSS Pertama

Alhamdulillah, pada helatan FSS pertama berjalan sukses. Kendati dengan segala keterbatasan apalagi di tengah musim hujan kala itu, ternyata acara perdana tersebut mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat.

Masyarakat berbondong-bondong mengikuti setiap rangkaian acara meskipun harus melalui medan yang tidak mudah menuju lokasi karena hujan yang mengguyur membuat tanah lengket. Animo rakyat Santan tetap tinggi. 

Tak pelak, FFS I pun menyisakan keharuan bagi banyak orang khususnya panitia yang sudah bekerja keras menyiapkan acara ini meskipun dengan pendanaan yang bisa dibilang ala kadarnya bahkan nihil. Namun, dengan kekompakan tim, panitia melalui momen bersejarah ini dengan suka cita.

FSS I menjadi perbincangan banyak kalangan dengan varian pengalaman yang berbeda. Sudirman Ridwan, misalnya, mengenang pengalamannya yang sempat sedih sehari menjelang pelaksaan FSS I.

Saat itu, ada orang yang menyarankan panggung utama pelaksanaan FSS I dialihkan ke tempat lain. Saat itu, hujan memang mendaras rutin saban waktu. Praktis jalan menuju ke panggung utama kurang bersahabat.

Tiga hari sebelum pelaksaanaan, wilayah Santan memang diguyur hujan yang berdampak pada akses jalan menuju bantaran sungai menjadi becek, kotor, dan berlumpur akibat genangan air.

Akhirnya muncullah rencana pemindahan panggung utama dari bantaran Sungai Santan ke Puskesmas Pembantu, yang kini bermetamorfosis menjadi Community Centre adalah salah satu alternatif atas kondisi cuaca saat itu.

Pengalaman lain dirasakan Mappa Tawil dan panitia lainnya ketika mendapatkan "kejutan" di pagi hari tentang panggung utama yang roboh akibat tiupan angin pada malam harinya, 19 Desember 2018.

FSS I terlaksana dengan penuh rasa keharuan yang luar biasa. Kerja keras panitia terbayarkan tuntas. Dukungan dan antusiasme masyarakat Santan pun kian menambah kepercayaan diri anak-anak muda ini. Insya Allah, FSS ke-II tak kalah meriah. Tunggu tanggal mainnya!. 

SABIRUDDIN

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.