News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Hj Hasanah, Wanita Tokoh Sesepuh Kampung Santan Meninggal Dunia

Hj Hasanah, Wanita Tokoh Sesepuh Kampung Santan Meninggal Dunia

KUTAI KARTANEGARA - Salah satu tokoh wanita sesepuh Kampung Masjid, Desa Santan Tengah, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Hj Hasanah, meninggal dunia. Hasanah menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 82 tahun pukul 22.00 WITA di RSUD Kota Bontang, Kaltim, Ahad (25/8/2019) malam.

Almarhumah sempat menjalani perawatan intensif selama beberapa hari di RSUD Bontang. Ia diketahui mengalami pendarahan lambung. Ia juga mengalami gangguan penglihatan dan pendengaran.

Hasanah dikenal sebagai sesepuh wanita Kampung Santan. Ia saksi hidup perjalanan kampung ini mulai dari dulu masih semak belukar, jalan setapak, dan ekosistem alamnya yang masih terawat. Ia merupakan istri dari almarhum Haji Muhammad Yusuf, kepalah desa pertama selama beberapa periode di kampung ini.

Hasanah dengan penuh kesabaran mendampingi sang suami dalam perjalanan kampung. Anak dari Lahasang ini tidak saja dikenal sebagai tokoh desa, ia juga merupakan guru ngaji yang telah berhasil melahirkan penghafal Al Qur'an dan imam.

Hasanah dalam kesehariannya dikenal supel, ramah, dan pemurah. Setiap kali ada kunjungan rombongan kunjungan pemerintah dari kecamatan, selalu dijamu di rumahnya dan sekaligus menjadi guest house. Hasanah merupakan ibu dari 11 anak dan diamanahkan puluhan cucu dan cicit.
Prosesi mattampung atau peletakan batu nisan almarhumah Hj Hasanah binti Lahasang / dok

Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah beliau, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskan lah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran. 

Ya Allah gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dia dari siksa kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.

Ya Allah, berikanlah ampun, kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia, kami yang hadir, kami yang ghoib, kami yang kecil– kecil kami yang dewasa, kami yang laki – laki maupun perempuan. Ya Allah, siapapun yang Engkau hidupkan dari kami, maka hidupkanlah dalam keadaan iman.

Ya Allah janganlah Engkau menghalangi kami, akan pahala beramal kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Allah yang lebih belas kasihan. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.