News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Pemuda Hidayatullah Harap Forum DMI-ISYEF Mantapkan Literasi dan Ekonomi Masjid

Pemuda Hidayatullah Harap Forum DMI-ISYEF Mantapkan Literasi dan Ekonomi Masjid

JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Pusat Syabab Hidayatullah, organ kepemudaan Hidayatullah, Suhardi Sukiman, mengapresiasi gelaran Forum Literasi dan Ekonomi Masjid 2019 yang digelar Dewan Masjid Indonesia (DMI) bekerjasama dengan Indonesia Islamic Youth Economy (ISYEF) yang diselenggarakan intensif sehari di Hotel Sofyan Cikini, Jum'at (23/8/2019).

Suhardi bersama Co-founder Pemuda.org yang juga Bendahara Umum PP Syabab Hidayatullah Tri Winarno yang hadir dalam acara ini berharap forum ini akan semakin memantapkan tumbuhnya budaya literasi dan kian merangsang perkembangan ekonomi umat berbasis masjid.

Menurut Suhardi, literasi dan ekonomi merupakan dua hal yang saling berhubungan. Dalam Islam, kata dia, bahkan ada serangkaian doa agar kita sebagai muslim dihindarkan dari kebodohan dan kefakiran.

"Kejahilan diantaranya disebabkan karena tidak beriqro' atau tidak berliterasi. Kejahilan tersebut lantas berbuah kefakiran karena tidak tahu bagaimana bermuamalah yang sesuai  disyariatkan agama," Suhardi.

"Dengan literasi diharapkan semakin menambah wawasan dan kesadaran tentang pentingnya kemandirian ekonomi, terutama yang berbasis pada nilai keummatan," tambahnya dalam obrolan dengan media ini di sela-sela acara.

Mengingat materi yang dibahas dalam forum ini dinilai penting dan substantif, pembina Rumah Quran Assalam ini menyarankan agar forum ini tidak saja digelar di pusat melainkan juga bisa disimulasikan ke daerah-daerah.

Diantara yang dibahas seperti mekanisme tentang lembaga sertifikasi pekerja, seputar penyedia dan pelaksana pelatihan dalam mempersiapkan tenaga kerja dan Program ekonomi pesantren dan masjid.

"Saya kira materinya cukup penting dan perlu diteruskan ke masjid-masjid yang ada," kata Suhardi yang juga Imam Masjid Baitul Ihsan, Grand Depok City, Kota Depok ini.

Hadir sebagai narasumber dalam kesempatan tersebut Deputi IV Kemenko Bidang Perekonomian RI Muhammad Rudy Salahuddin,  Plt Sekretaris Jenderal DMI Pusat Arief Rosyid dan lain-lain.

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.