News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Warga Apresiasi Beragam Kegiatan Peringatan HUT ke-72 Koperasi di Kota Depok

Warga Apresiasi Beragam Kegiatan Peringatan HUT ke-72 Koperasi di Kota Depok

DEPOK - Memeriahkan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-72, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, menggelar kegiatan khitanan massal gratis yang digelar di halaman Balaikota yang menurut catatan diikuti oleh 110  anak, Jumat (2/8/2019).

Kegiatan yang berlangsung semarak ini semakin meriah dengan adanya lapak pameran hasil kerajinan dan berbagai bazar kuliner khas Kota Depok. Cuaca pagi Jum'at yang cerah kian menambah suasana kebersamaan para pengunjung.

Pada kesempatan itu, para orangtua yang mendampingi anak-anaknya khitan dan lomba menggambar bisa menikmati beragam sajian kuliner dengan harga merakyat serta rasa yang lezat dan aduhai nikmatnya.

Sejumlah warga yang ditemui Nasional.news di Balaikota mengaku senang dengan gelaran yang digelar dengan beragam rangkaian kegiatan tersebut. Selain sebagai destinasi liburan akhir pekan, acara tersebut juga sarat dengan nilai edukasi dan sosial pemberdayaan.
 

Salah seorang pengunjung yang datang sekaligus membersamai anaknya yang akan mengikuti khitan gratis, Fiqih Ulyana, mengaku senang dan bangga dengan gelaran DKUM Kota Depok ini. Dia mengaku baru tahu jika rupanya acara ini merupakan agenda tahunan DKUM Pemkot Depok.

"Saya baru tahu ini kegiatan rutin tahunan DKUM Pemkot Depok. Ini sangat postif sekali sekaligus upaya mengangkat potensi UKMK Kota Depok. Semua murah meriah, menghibur. Apalagi ada kitanan massal yang gratis pula. Tidak ada biaya-biaya tambahan bahkan dikasih bingkisan menarik. Alhamdulillah. Terimakasih DKUM Pemkot Depok," kata Fiqih Ulyana, ibu dari Muhammad Syamaidzar peserta khitan ini.

Senada dengan itu, Fitriani, warga Kebon Duren Kalimulya Cilodong, mengatakan hal serupa. Menurutnya, acara tahunan DKUM Pemkot Depok ini harus disosialisasikan lebih luas agar semakin banyak warga yang mengetahui tidak saja di Depok tapi juga warga luar Kota Depok.

"Acara ini menjadi kesempatan menarik bagi pelaku usaha kecil dan menengah seperti saya untuk saling berinteraksi dan jika memungkinkan menjalin kerjasama," ujarnya.

Baik Fiqih Ulyana maupun Fitriani menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemerintah Kota Depok serta berbagai pihak dan instansi yang telah menyelenggarakan acara tersebut. Keduanya berharap helatan tersebut terus dijaga dan ditingkatkan.

Di kesempatan dan lokasi yang sama juga ada helatan lomba menggambar yang dibuka oleh Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Depok Bunda Elly Farida.

Elly Farida yang juga Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Depok mengapresiasi adanya lomba mewarnai bagi anak-anak. Menurutnya, lomba tersebut merupakan bentuk kepedulian koperasi kepada masyarakat.

“Koperasi menjadi solusi terhadap berbagai masalah di masyarakat. Kami harapkan lewat berbagai upaya yang dilakukan koperasi, mampu memberikan dampak pada peningkatan ketahanan ekonomi,” katanya.

Dengan kerja keras panitia dan dokter yang jumlahnya 10 orang, khitanan massal ini dapat dituntaskan dengan baik dan lancar sebelum pelaksanaan ibadah shalat Jum'at dilangsungkan sebagaimana ditargetkan panitia.

Selain itu, DKUM Pemkot Depok juga menggelar kegiatan Lomba Cerdas Cermat antar-SMA dan SMK yang diikuti oleh 14 tim dari 14 SMA dan SMK, baik swasta maupun negeri yang ada di Kota Depok.

Materi cerdas cermat yang diuji berkaitan dengan kegiatan koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), dan kegiatan lainnya yang ada di Kota Depok. Hal tersebut dimaksudkan untuk memperkenalkan koperasi kepada pelajar.

Sementara itu, Walikota Depok, Mohammad Idris mengajak semua koperasi aktif di Kota Depok untuk turut serta meningkatkan peluang ekonomi bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah di Depok. Pasalnya, kata dia, saat ini sudah banyak pelaku UMKM yang menjadi anggota koperasi.

“Masyarakat yang punya jiwa enterprener dan memiliki usaha bisa terus menjajakan hasil usahanya. Terlebih saat ini koperasi punya peranan memfasilitasi produk agar lebih terkenal di masyarakat,” tuturnya saat menutup kegiatan Pekan Koperasi Tahun 2019 di lapangan Balai Kota Depok dilansir laman depok.go.id, Sabtu (03/08/2019).

Dikatakan Idris, Pemerintah Kota Depok juga akan membantu meningkatkan peluang ekonomi bagi pelaku usaha. Yang sudah dilakukan pemerintah sendiri seperti pembinaan, bazar UMKM, dan pemasaran melalui berbagai kegiatan.

Di tempat yang sama, Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Depok, Teguh Prajitno menuturkan, saat ini koperasi sudah memberikan pembinaan kepada pelaku UMKM. Dengan harapan para pelaku dapat lebih mudah memproduksi dan memasarkan hasil produknya untuk dikenal lebih luas.

“Pembinaan sudah dilakukan dari beberapa koperasi. Semoga perekonomian Kota Depok dapat terus meningkat melalui peran dari pelaku usaha,” pungkas Teguh.[]

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.