News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

ERCI Chapter Depok Menjadi Orangtua Sehari Bagi Puluhan Anak Yatim

ERCI Chapter Depok Menjadi Orangtua Sehari Bagi Puluhan Anak Yatim

BAGAIMANA rasanya menjadi anak yatim dan dhuafa? Mungkin tak terbayangkan. Namun, di luar sana sungguh ada banyak anak yang kurang beruntung. Mereka tak punya ayah. Tak punya ibu. Atau, tak memiliki keduanya.

Barangkali mereka umumnya sama seperti anak-anak kita. Tetap punya beberapa helai pakaian. Saban hari bermain dan tertawa. Mereka pun melalui hari-hari dan waktu yang sama dengan kita.

Yang mungkin berbeda, kita tinggal di rumah berpendar cahaya, mereka tinggal di bilik-bilik asrama pondok pesantren atau panti asuhan. Pengasuh sekaligus menjadi orangtuanya. Menu makanan sehari-harinya pun tak terlalu istimewa.   

Ada juga yang barangkali tinggal hanya bersama salah satu orangtua atau neneknya. Ayah atau ibunya telah tiada. Bukan kasih sayang yang tak cukup dan memang mereka butuh bukan sekedar itu. Mereka butuh dekapan dan rangkulan.

Sehingga, betapa bahagia hati mereka tatkala ada orang yang tak pernah dikenalnya bahkan sekadar mengetahui namanya, membersamainya dalam sebuah momentum spesial seperti dilakukan oleh komunitas pemilik mobil Suzuki Ertiga di kota Depok ini. 

Komunitas pemilik mobil Suzuki Ertiga, Ertiga Club Indonesia (ERCI) Chapter Depok menggelar kegiatan bakti sosial santunan 30 anak yatim/piatu dan dhuafa yang diselenggarakan di Margo City Mall sejak pukul 09:00 hingga pukul 15:00 dengan beragam rangkaian kegiatan, Ahad (15/9/2019).

Sebanyak 30 anak yatim dan dhuafa ini diantaranya berasal dari Pondok Tahfidz Yayasan Ahlul Qur’an Indonesia Kalimulya pimpinan KH Munawar Muhson serta anak-anak dari lingkungan Pondok Pesantren Hidayatullah dan lainnya dari bilangan Pondok Rajeg dan Kebon Duren.

Kegiatan amal ini barangkali berbeda dari biasanya. Anak-anak ini dibersamai langsung oleh para member Erci Chapter Depok berkeliling Margo City sambil menikmati berbagai fasilitas hiburan yang ada di salah satu pusat wisata keluarga terbesar di Kota Depok ini.

Anak-anak yatim dhuafa diajak bermain berbagai jenis permainan di Timezone dengan card sebesar 200 ribu dan dapat goodybag dari Timezone yang juga turut mendukung kesuksesan acara ini.

Setelah sekitar 2 jam lebih puas menjajal semua jenis permainan di Timezone, anak-anak diarahkan untuk santap siang bersama di restoren Lotteria. Sambil menikmati hidangan, mereka mendapatkan hiburan permainan penuh keceriaan.

Usai makan siang, anak-anak kembali melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi toko perlengkapan sekolah dan buku Gunung Agung. Ada yang spesial karena Gunung Agung memberikan bonus berbelanja serta ada goodybag dan amplop sebesar 100 ribu kepada setiap anak.

Tidak selesai sampai di situ. Para member ERCI Chapter Depok yang menjadi "orangtua sehari" bagi anak-anak yatim dan dhuafa ini mengajak mereka memilih sepatu kesukaan mereka di toko BATA. Tampak wajah-wajah bahagia dari anak-anak tersebut.

Menjelang kepulangan dari serangkaian acara selama setengah hari tersebut, anak anak yatim dan dhuafa ini mendapatkan uang tunia dari pengurus dan member ERCI Chapter Depok masing-masing sebesar 100 ribu rupiah.

Ada keharuan yang mendalam yang tampak dari wajah-wajah para orangtua dari ERCI Chapter Depok ini. Ada yang tampak menetaskan air mata karena tak kuasa menahan rasa harunya.

Saya yang turut hadir membersamai anak-anak ini turut terbawa perasaan menyaksikan keharuan tersebut. saya bisa merasakan kebahagiaan yang dirasakan anak-anak tersebut dikala mendapatkan tali asih yang luar biasa seperti ini.

Anak-anak tersebut memang tak banyak bicara. Tentu manusiawi ada rasa sungkan dan malu-malu. Tapi sebenarnya di dalam hati terdalam mereka ada rasa yang tak terbahasakan. Sebuah kebahagiaan yang sukar dibahasakan dengan kata-kata.

Rasa itu baru mereka tumpahkan ketika berada di mobil menuju pulang, yang, kebetulan, saya juga ikut dalam rombongan tersebut. Mereka  berebut menceritakan pengalamannya hari itu. Dikasih ini, dikasih itu, dibelikan ini, dibelikan itu. Segala puja puji dan kegembiraan terpancar dari lisan mereka.

Namun, ada yang lucu. Saat saya tanya, apakah tadi sudah kenalan sama orangtuanya. Mereka serempak bengong berpandangan. "Lupa!," katanya serempak sambil tertawa. Saking senangnya menikmati beragam permainan dan suasanan, mereka lupa berkenalan lebih dekat dengan orangtua seharinya.

"Walaupun namanya lupa, kalian pasti ingat wajahnya. Nanti kalau berdoa, ingat wajah mereka dan doakan semoga kelapangan rejeki, diberikan kesehatan dan keberkahan baik di dunia maupun di akhirat".

Saya baru kali ini mengetahui komunitas ERCI khususnya chapter Depok. Dan, setelah saya telusuri, rupanya ERCU bukan komunitas kumpul-kumpul biasa sekadar membahas soal otomotif dan seluk-beluknya.

ERCI Chapter Depok bahkan sudah menggelar beragam kegiatan, tentu tak hanya tentang dunia mobil. Malah banyak sekali kegiatan sosial dan keagamaan. Saya merasa turut senang dan terinspirasi dengan komunitas ini. Mereka layaknya satu keluarga besar.

Saya kemudian jadi kenal dengan Ibu Vivi yang sangat enerjik. Aktif luar biasa. Bahkan karena saking sibuknya mensukseskan kegiatan membersamai anak-anak yatim dhuafa ini, beliau tak sempat melepas sang suami yang akan ke Bandung siang itu.

Ada juga mas Aziz, yang Alhamdulillah sedang menantikan kehadiran anak keduanya. Ada juga  mas "Raffi Ahmad" yang selalu terdepan dalam melayani setiap kebutuhan kegiatan ini. Beliau-beliau ini sungguh luar biasa.

Serta ada ribuan nama luar biasa lainnya yang tak bisa disebutkan satu persatu yang telah membawa ERCI tidak saja dikenal di bumi, namun juga terkenal di langit karena kiprah kebaikannya untuk sesama.

Semoga kebaikan kebaikan yang telah ERCI Chapter Depok lakukan mendapatkan limpahan pahala jariyah yang tak pernah putus. Amal mulia yang terus tersambung, mengaliri setiap labirin kehidupan semesta. Insya Allah, berbuah keberkahan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Semoga solidaritas ini terawat senantiasa. Persaudaraan yang teguh selalu. Bersatu di jalan. Bersatu dalam kebaikan. Bersatu di bumi. Bersatu di surga-Nya. Aaamiiin.

ANCHAL

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.