News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Satu Lagi Penerima Beasiswa Pendidikan KUIPs Terbang ke Malaysia

Satu Lagi Penerima Beasiswa Pendidikan KUIPs Terbang ke Malaysia


JAKARTA - Bahagia nian hati Ulya Aziza Hanafatie yang akhirnya dinyatakan diterima sebagai penerima beasiswa menempuh studi pendidikan tingginya di Kolej Universiti Islam Perlis (KUIPs), Malaysia.

Gadis putri asal Ngawi, Jawa Timur ini, harus melalui rintangan yang tidak mudah. Dia melalui perjuangan keras dengan bersaing dengan ratusan pendaftar lainnya.

"Alhamdulillah, akhirnya berhasil," katanya yang dibersamai kedua orangtuanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Cengkareng, sesaat sebelum terbang ke Malaysia, Selasa (24/9/2019). 

Ulya mengaku senang akhirnya bisa menyelesaikan semua proses yang dipersyaratkan mulai dari kelengkapan berkas, administrasi, ujian lisan dan tertulis dan lain sebagainya. Karena itu, ia mengatakan sangat bersyukur akhirnya bisa melalui tahapan yang tidak ringan tersebut.

Sebelumnya, Ulya mengaku sempat putus asa. Apalagi ketika tak juga menerima pemberitahuan dan panggilan dari KUIPs yang tak kunjung datang. Ia pun harap-harap cemas antara berhasil diterima atau tidak.

"Memang perlu kesabaran untuk menanti keluarnya Visa dari EMGS," kata gadis berkacamata ini.

EMGS atau Education Malaysia Global Services adalah lembaga otoritas yang didirikan oleh pemerintahan Malaysia untuk mengatur segala hal yang terkait dengan pelajar internasional dan departemen keimigrasian.

EMGS sendiri selama ini memang merupakan lembaga dari Kementerian Pendidikan Malaysia yang mengurusi one stop centre untuk seleksi pelajar dari seluruh dunia yang benar-benar ingin melanjutkan pendidikan ke negeri jiran tersebut.

Dengan EMGS ini, pelajar internasional yang mendaftar kuliah di universitas Malaysia diharuskan memiliki asuransi kesehatan, mengambil mata kuliah Bahasa Malaysia dan Bahasa Inggris dengan syarat tingkat nilai TOEFL tertentu.

Selain itu, mahasiswa internasional juga musti memiliki kartu pelajar serta surat penerimaan masuk dari universitas sebelum dapat mengajukan permohonan visa, sesuai dengan peraturan terbaru yang diberlakukan oleh departemen pendidikan Malaysia.

Sementara itu, Representatif Kolej Universiti Islam Perlis (KUIPs) di Indonesia, Ust Ahmad Muzakky, menerangkan standar yang diterapkan EMGS memang terbilang ketat. Namun hal itu menurutnya merupakan regulasi internal dalam negeri Malaysia dalam rangka memastikan pelajar internasional di negeri jiran mendapatkan hak-hak keistimewaannya.

Dia menerangkan, animo lulusan SMA Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Malaysia sangat tinggi. Salah satu kampus perguruan tinggi yang menjadi tujuan tempat belajar tersebut adalah KUIPs yang berada di Kuala Perlis, Perlis, Malaysia.

Muzakky menjelaskan, dangan menepuh studi pendidikan tinggi di KUIPs, para pelajar berkesempatan berinteraksi dengan mahasiswa lainnya dari banyak latar belakang negara sehingga dapat menambah wawasan internasional. Adapun program yang ditawarkan saat ini adalah Diploma (D3) dan Strata Satu (S1 Bachelor Degree) .

Salah satu nilai lebihnya lagi, KUIPS berada di bawah Kerajaan Perlis yang dikenal sebagai negeri Islami, nyaman dan makmur. Hal ini selaras dengan komitmen kerajaan menjaga nilai nilai luhur ajaran agama.

Dapatkan manfaat dan beragam keunggulan menempuhi studi di Kerajaan Perlis. Daftarkan diri Anda menjadi salah satu mahasiswa KUIPs yang saat ini membuka beasiswa bagi 30 orang putra putri terbaik Indonesia.

Alamat Kolej Universiti Islam Perlis beralamat di Lot Aras G3, Blok S1, Kompleks Desa Siswa, 02100 Padang Besar, Perlis. Informasi seputar beasiswa Kolej Universiti Islam Perlis dapat juga menghubungi mobile-phone +62-852-3123-0141.

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.