Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Bina Santri Sambil Bertamasya, Yayasan Kampung Hijrah Gelar Quran Camp

Minggu, 29 Desember 2019 | 19:30 WIB Last Updated 2019-12-29T19:30:07Z
TOLITOLI - Dalam rangka terus memantapkan pembinaan generasi muda untuk menghafal dan mencintai Al Quran, Yayasan Kampung Hijrah melalui Rumah Qur'an Daarul Hijrah Tolitoli menyelenggarakan kegiatan Qur'an Camp yang diikuti oleh 40 santrinya dari usia SD dan SMP, beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang diselenggarakan bertepatan dengan penghujung tahun 2019 ini, berlangsung selama 2 hari yang berlokasi di Pantai Wisata Malane Lalos. Dalam kegiatan ini, para santri difokuskan pada perbaikan bacaan sekaligus menambah hafalan seraya bertamasya menikmati pemandangan alam yang dibimbing langsung oleh sebanyak 8 guru Al Qur'an.

Direktur Kampung Hijrah, Adam Sukiman Langgu Husain, saat ditemui mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter para generasi muda agar senantiasa hidup ber-Qur'an, sebagaimana visi besar YKH "Hidup Berkah Bermartabat Bersama Generasi Qur'an".

"Kegiatan Quran Camp ini selain sebagai momentum murajaah kolektif bagi para santri Rumah Qur'an Daarul Hijrah, juga menjadi ajang tadabbur alam bagi anak-anak kita sembari menghayati kebesaran Ilahi," kata Adam kepada media ini, Ahad (29/12/2019).

Dia menambahkan, kegiatan ini akan menjadi salah satu kegiatan unggulan tahunan bagi Rumah Qur'an Daarul Hijrah yang dibawahi Yayasan Kampung Hijrah. Bahkan, pihaknya menargetkan kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

"Tentu kami sangat bahagia apabila kita semua turut mendoakan kelancarannya dan membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapa saja yang ingin turut mendukung program ini. Kami sekaligus mengucapan terimakasih kepada para jamaah yang sudah ikut membantu dalam mensukseskan kegiatan ini," ujar Adam.

Kegiatan yang bertepatan dengan momentum pergantian tahun ini, lanjut Adam, juga menjadi medium refleksi bagi relawan dan pengurus Yayasan Kampung Hijrah untuk pemantapan visi mencapai visi tahun 2020.

"Dengan doa serta dukungan dari para pemerhati pecinta Al Quran, kami ingin meneguhkan visi 2020 Yayasan Kampung Hijrah menjadi wadah pembinaan dan pemberdayaan generasi muda terdepan khususnya di Tolitoli ini," ungkap Adam menandaskan.

Sementara itu, Ketua RQ Daarul Hijrah, Ustadz Haerudin, mengatakan kegiatan Quran Camp ini juga sebagai ikhtiar Yayasan Kampung Hijrah mengangkat aktifitas kemah reliji seperti ini sebagai trendsetter di masyarakat, di tengah tradisi umumnya generasi muda kita yang acapkali meggunakan masa liburan dan akhir tahun dengan kegiatan yang unfaedah.

"Selama ini liburan sekolah anak-anak dimaknai sebagai momen untuk santai, bermain, dan liburan keluar kota. Nah, kita ingin meluruskan mindset itu dengan melaksanakan kegiatan yang Insya Allah banyak kebaikan di dalamnya," kata Haerudin.

Selain memperbaiki bacaan dan hafalan, kegiatan yang berlangsung khidmat dan penuh keceriaan ini juga diisi dengan materi ceramah serta beberapa permainan disela-sela kegiatan belajar para santri.

BONNY PRASETYO
×