News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Hari Peduli Sampah, Balon Wawali Bontang Aswar Soroti Masalah Lingkungan

Hari Peduli Sampah, Balon Wawali Bontang Aswar Soroti Masalah Lingkungan

BONTANG - Bakal calon Wakil Walikota (balon wawali) Kota Bontang, Muhammad Aswar yang juga selaku Ketua Komite Sekolah SDN 006 Bontang memenuhi undangan sekolah itu sekaligus didapuk memberi motivasi bagi anak-anak didik dalam acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.

Di sela sela acara tersebut Muhammad Aswar kepada media mengatakan permasalah lingkungan merupakan isu yang masih melingkupi negeri kita tak terkecuali Kota Bontang. Indonesia bahkan disebut merupakan penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia yang dibuang ke laut.

"Masalah lingkungan masih menjadi problem sosial yang penyelesainnya membutuhkan kesadaran kolektif. Tanpa itu, rasanya mustahil problem pencemaran lingkungan ini dapat kita entaskan, termasuk di kota Bontang," kata Aswar.

Dia menyebutkan, berdasarkan data yang diperoleh dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/ tahun dimana sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut.

"Data itu menunjukkan bahwa masalah lingkungan tak bisa dianggap sepele. Bukan saja soal regulasi tetapi juga sistem kontrol yang menyertainya," imbuhnya.

Aswar lantas menyebut problem lingkungan di kota Bontang yang masih menjadi pekerjaan rumah. Misalnya, pantai di sepanjang pesisir perairan Kota Bontang yang masih sering disesaki sampah plastik, terlebih ditambah lagi dengan pencemaran yang bersumber dari limbah rumah tangga.

"Syukur, Alhamdulillah pemerintah kota Bontang telah mengeluarkan perwali guna menekan peredaran jumlah sampah plastik sekali pakai, namun demikian hal itu belum cukup," imbunya.


Karena itu, Aswar berharap kedepan masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk membersihkan lingkungan sekitar dan perairan di sepanjang garis pantai Kota Bontang dari limbah rumah tangga khususnya sampah plastik.

"Kebersihan adalah sebagian dari Iman, oleh karenanya sejak sedini mungkin perlu kita tanamkan pendidikan dasar ke anak-anak kita tentang pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan," kata Aswar yang diusung sebagai bakal Cawali Bontang dengan tagline "Milenial Relijius" ini.

Pada kesempatan tersebut, Aswar menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala Sekolah, bapak/ibu guru, wali murid dan semua yang terlibat dalam acara peringatan pentingnya menjaga lingkungan itu.

"Semoga bersama Bunda Neni kami dapat bersama-sama mewujudkan pemerintahan yang peduli terhadap lingkungan dan membawa Kota Bontang kearah yang lebih baik lagi. Aamiin yaa robbal alaamiin," imbuh Ketua HIMPI Bontang yang merupakan bakal calon cawali termuda itu.

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.