News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Hijab Sebagai Identitas Muslimah dan Ketahui Sejumlah Manfaatnya

Hijab Sebagai Identitas Muslimah dan Ketahui Sejumlah Manfaatnya

Oleh Shohwatun Nida*

TREN memakai hijab sedang booming bagi perempuan di Indonesia. Kini, hijab tidak hanya dipakai sekedar untuk datang menghadiri pengajian atau acara-acara tertentu. Tapi sudah menjadi tradisi perempuan Indonesia, hal ini tentu menjadi tren positif bagi Indonesia.

Semakin pesatnya perkembangan zaman, muncul fakta ragam model hijab di pasaran. Ragam model dan warna-warna hijab inilah yang sedang ramai dipakai oleh para perempuan. Selain karena perintah hijab dalam Islam, hijab saat ini juga ikut mewarnai fashion perempuan-perempuan muslim.

Hijab yang dalam bahasa Arab yang berarti ‘penghalang’. Atau yang merujuk pada kepada kerudung yang digunanakan wanita muslim. Lebih tepatnya, merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama. Begitu banyaknya ragam model yang menjadi gaya para muslimah saat ini.

Dalam Al-Quran pada Surat Al-Ahzab: 59 disebutkan kewajiban wanita muslim memakai hijab:

“Hai nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha Penyayang".

Dalam Islam disebutkan bahwa kriteria jilbab yang benar hendaklah menutup seluruh badan, kecuali wajah dan dua telapak tangan. Jilbab bukan merupakan perhiasaan, tidak tipis, bahan tidak tembus pandang, tidak ketat sehingga menampakkan bentuk tubuh.

Islam juga menganjurkan agar wanita pengguna hijab tidak bertingkah berlebihan seperti menggunakan pengharum yang rentan menimbulkan fitnah, tidak menyerupai pakaian kaum pria atau pakaian wanita-wanita kafir dan bukan pula merupakan pakaian untuk mencari popularitas diri.

Selain hijab sebagai identitas muslimah, ada beberapa manfaat seorang perempuan memakai hijab, yaitu:

Menjaga Kehormatan Diri

Kita sering mendengar perempuan yang marah-marah karena digoda atau dicolek lelaki mata keranjang. Sebenarnya itu bukanlah sepenuhnya salah si pria. Kita perempuan juga harus koreksi diri sendiri. Bagaimana dengan pakaian yang kita kenakan, apakah sudah sesuai syariat agama atau sengaja mengenakan pakaian yang membakar syahwat lelaki?

Menghindari Risiko Pemerkosaan

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Dikarenakan jilbab dapat melindungi kehormatan diri. Maka berjilbab juga dapat mencegah terjadinya pemerkosaan. Biasanya pria malu dan enggan menggoda perempuan yang berpakaian rapat dan syar’i.

Selain itu, bila kita sudah mengenakan jilbab tentunya kita pun dituntut juga harus memperbaiki sikap, menghindari pacaran ataupun perbuatan lain yang mendekati perzinahan.

Melindungi Kesehatan Rambut

Dengan berjilbab maka rambut terhindar dari paparan sinar ultra violet (UV) yang berlebih dan polusi yang merupakan penyebab rusaknya rambut.

Meminimalisiri Risiko Kanker Kulit

Penyebab melanoma adalah paparan sinar UV berlebihan serta kebiasaan mengenakan pakaian ketat. Nah, dengan menggunakan jilbab maka kulit akan terlindungi lebih optimal dari efek buruk sinar UV. Dengan demikian risiko kanker kulit pun dapat terminimalisir.

Mencegah Penuaan Dini

Dengan berjilbab kulit dan rambu akan terlindungi dari paparan sinar UV yang berbahaya, sinar UV bisa mempercepat proses munculnya uban rambut. Selain itu, sinar UV juga mengurangi produksi kolagen pada kulit.

Sehingga akibatnya keelastisan kulit jadi menurun dan efeknya bisa meningkatkan risiko penuaan dini. Jilbab dapat melindungi rambut dan tubuh dari paparan sinar UV yang berlebihan.

Nilai positif dari tren hijab di kalangan perempuan Indonesia saat ini adalah dengan tertutupnya aurat perempuan-perempuan, dan semoga dengan tren ini bisa membawa perubahan baik terhadap generasi perempuan Indonesia. Sekian, best regards.
____
*) SHOHWATUN NIDA, penulis adalah mahasiswi penerima beasiswa entrepreneur (full scholarship) pada Program Studi Hukum Bisnis Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam SEBI (STEI SEBI) Depok. Penulis juga merupakan alumni Madrasah Aliyah (MA) Husnul Khotimah Kepulauan Riau. 

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.