News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kemenag Siap Bersinergi Bersama Forsima PAI Indonesia

Kemenag Siap Bersinergi Bersama Forsima PAI Indonesia

JAKARTA - Direktur Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Dr. H. Rohmat Mulyana Sapdi, M.Pd, menerima kunjungan audiensi Forum Silaturrahmi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam (Forsima PAI) Indonesia di ruang kerjanya di Gedung Kementerian Agama RI Lantai 8, Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4, Jakarta Pusat, Rabu (5/2/2020).

Dalam kesempatan tersebut Direktur Pendis Kemenag memberi apresiasi kepada Forsima PAI Indonesia yang menurutnya merupakan langkah bagus dalam rangka memperkuat kapasitas calon-calon guru Pendidikan Agama Islam.

"Tentu ini sangatlah bagus karena tujuannya kan saya kira bagus. Yaitu memperkuat calon-calon guru PAI supaya profesional sehingga terjaga dari aliran-aliran radikal," kata Rohmat.

Dia mengaku selama ini dirinya hanya mengetahui beberapa wadah komunitas saja seperti Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Seluruh Indonesia (ADPISI) dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII). Pada audiensi, dia pun baru mengetahui kehadiran Forsima.

"Dengan penjelasan terkait Forsima PAI ini, sekarang kita juga tau ternyata mahasiswa PAI atau calon guru ini punya wadah yang menaungi," katanya.

Dia pun memuji kehadiran Forsima yang menurutnya sangat menguntungkan untuk lahirnya terobosan positif dalam menunjang kualitas dan mutu pendidikan PAI secara nasional. Dia juga mengutarakan adanya peluang kerjasama yang bisa dilakukan antar kedua belah pihak.

"Intinya pemerintah itu sangat diuntungkan dengan gagasan-gagasan seperti ini. Oleh karena itu, ketika organisasi ini ada dan memerlukan ada sinergi dengan pemerintah biasanya memang ada sinergi program. Jadi memang ada kesempatan untuk sinergi bersama," katanya.

Selain daripada itu, audiensi yang dihadiri oleh para mahasiswa PAI ini tidak hanya membahas soal profesionalitas tenaga pendidik. Tetapi, juga turut membahas isu radikalisme yang kian marak menjadi pembahasan khalayak ramai akhir akhir ini.

Adapun mahasiswa yang menghadiri pertemuan dengan Direktorat PAI ini berasal dari perwakilan kampus yaitu HMP PAI Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), HMJ PAI STAI Binamadani Tanggerang, PAI Institut Ilmu Qur'an (IIQ) Jakarta dan HMP PAI Universitas Darussalam Gontor.

Kunjungan mahasiswa jurusan PAI ini merupakan langkah silaturahmi yang bertujuan untuk membersamai Kemenag RI, Khususnya Direktorat PAI dalam memajukan pendidikan di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, rombongan tamu juga menyampaikan profil dan membahas eksistensi Forum Silaturahmi Mahasiswa Pendidikan Agama Islam seluruh Indonesia ini sebagai wadah aspirasi yang menaungi mahasiswa jurusan PAI seluruh Indonesia.

Dalam pertemuan ini, Alvhi Syahrin Gunandar selaku wakil ketua umum Forsima menyampaikan bahwa perlu adanya sinergi program kerja antara Forsima dengan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Alvhi juga menambahkan beberapa point penting, yaitu penyampaian terkait beberapa program kerja dari bidang-bidang di Forsima. Beberapa program kerjanya antara lain; kajian isu pendidikan, Forsima PAI Peduli, Sskolah binaan Forsima, PAI Indonesia Mengajar, pesantren kilat nasional, beasiswa PAI berprestasi, workshop metode pembelajaran PAI, video virtual dakwah serta olimpiade PAI nasional.

Sementara Herry Latief selaku ketua HMP PAI UMJ juga tak lupa mengenalkan salah satu program kerja dari bidang PSDM Forsima Olimpiade PAI. Ia menyampaikan bahwa realisasi proker Bidang PSDM ini akan diselenggarakan di Jakarta di kampus Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Dalam audiensi ini Direktorat PAI turut didampingi oleh Kepala Subdit PAI SD, Kepala Subdit PAI SMP, Kepala Subdit PAI SMA dan Kepala Subdit PAI Perguruan Tinggi Umum. (asg/nws)

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.