News Breaking
NNTV
wb_sunny

Breaking News

Kampus Hidayatullah Surabaya Tuan Rumah Final Kompetisi Bergengsi HiMSO IV

Kampus Hidayatullah Surabaya Tuan Rumah Final Kompetisi Bergengsi HiMSO IV

SURABAYA - Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan kompetisi bergengsi final “Hidayatullah Mathematics and Science Olympiad (HiMSO)” ke-IV di Kampus Pendidikan Hidayatullah Surabaya, Jl. Kejawan Putih Tambak VI/1 Surabaya pada 08 Maret 2020.

Bertema "Gali Potensi, Raih Prestasi", kegiatan ini akan dihadiri oleh sedikitnya 1.000 peserta yang lolos seleksi dari berbagai rayon seluruh Indonesia. Tercatat ada 56 rayon, mulai dari rayon Batam di ujung barat, hingga rayon Timika di ujung timur Indonesia.

Kompetisi tahunan berskala nasional ini melombakan dua mata pelajaran, yakni Matematika dan IPA tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Babak penyisihan telah digelar serentak pada 19 Januari 2020.

Peserta yang lolos di babak penyisihan berhak mewakili rayon masing-masing di babak final. Peserta adalah pelajar tingkat SD/MI dan SMP/MTs, berasal dari sekolah negeri maupun swasta seluruh Indonesia.

Acara ini, didesain sebagai bagian dari usaha turut mewujudkan tujuan pendidikan nasional sebagaimana amanat pasal 3 Undang Undang Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003.

Intinya, agenda tahunan ini, adalah “salah satu instrumen yang memiliki peran untuk mengembangkan kualitas pendidikan dan potensi peserta didik melalui kompetisi,” tutur H. Syamsuddin, SE, MM - Ketua Pengurus Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Surabaya.

Besar harapan, kegiatan ini bisa berperan mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter peserta dengan baik yang pada gilirannya dapat berkontribusi kepada terbangunnya peradaban bangsa yang bermartabat. Yakni, sebuah peradaban, yang diwarnai oleh manusia-manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta bertanggung jawab.

Sementara itu, menurut Adi Purwanto, M.Pd selaku Ketua Panitia HiMSO IV-, mengatakan acara bernuansa kompetisi dan silaturrahim ini, tidak hanya untuk peserta didik yang bernaung di bawah lembaga pendidikan Hidayatullah saja tetapi juga untuk siswa seluruh Indonesia.

"Kompetisi ini merupakan sarana pembinaan yang menitikberatkan pada pengembangan intelektual. Juga, melatih jiwa berkompetisi dan mengasah mental juara,” terang Adi Purwanto.

Beberapa kegiatan yang akan digelar untuk turut memeriahkan babak final ini, di antaranya adalah bazar pendidikan, education fair, pagelaran seni pendidikan mulai dari nasyid, science perform, dan sejumlah acara menarik lainnya.

“Cita-cita besar kami adalah ikut andil dalam melahirkan ilmuwan-ilmuwan yang mampu mengangkat harkat dan martabat Indonesia. Semoga langkah kecil ini, menggenapi gerak langkah dunia pendidikan Indonesia,” pungkas Adi Purwanto seraya meminta doa agar gelaran final ini berjalan sukses dan lancar.

ADVERTORIAL

Tags

Newsletter Signup

Jadilah yang pertama mendapatkan update berita terbaru nasional news langsung di email Anda.