Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indonesia Care Kaltim Bakti Sosial Bagikan Masker Hadapi Covid-19

Minggu, 19 April 2020 | 11:07 WIB Last Updated 2020-04-19T04:07:16Z
TANAH GROGOT - Kabar berita Covid-19 ini bukanlah hal yang tabu lagi untuk diketahui. Bahkan ketenarannya melebihi artis yang sedang naik daun. Bukan hanya seperti artis dalam negeri tapi sudah mendunia. Itulah filosofi wabah Covid19 yang sudah menyebabkan beberapa kematian dan penyakit bagi beberapa individu masyarakat.

Begitulah kabar ini terdengar bahkan sampai di kampung halaman saya di Long Ikis. Kemarin Jum'at (18/04/2020) ada kiriman kabar dari seorang teman, bahwasanya di kampung halaman saya terdapat satu orang yang terserang Covid19 ini.

Ternyata setelah saya cek ada laporan dari Dandim 0904/Tng tentang izin tes pengambilan sampel darah terhadap satu keluarga yang disinyalir Positif Corona Covid 19 berdasarkan hasil Swab pada malam hari  dan langsung dilakukan Karantina di Tanah Grogot Kab Paser Kaltim.

Melihat hal ini Tim Indonesia Care (I Care) se-kalimantan Timur membuat kegiatan bagi 2000 masker gratis di beberapa titik seperti Long Ikis, Long Kali dan tempat lainnya.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan oleh Tim I Care Long Ikis, Long Kali yang diketuai Oleh Ria Eka Handayani dan juga didukung oleh kepala desa Simpang Pait Bapak. Faisa Ridwan.

Menurut tim I Care Long Ikis, memang jika diperhatikan di lingkungan khususnya di Long Ikis dan Long Kali masih kurangnya kesadaran masyarakat tentang penggunaan masker untuk bisa mengurangi dan mencegah penularan dari pada covid-19.

Sering sekali kami melihat warga yg masih beraktivitas di luar rumah tidak menggunakan masker. Padahal salah satu penularan covid-19 bisa melalui mulut, apalagi ketika kita sedang berbicara ataupun sedang bersin.

Jumlah masker yang sudah dibagikan sebanyak 500 masker. Adapun anggota I Care yang berpartisipasi dalam kegiatan ini sebanyak 13 orang dan kami semua adalah kaum muda. Kami mulai membagi masker dari jam 15.00 sampai jam 17.00 sore.

Kegiatan ini kami persiapkan cukup lama. Sekitar seminggu sebelum hari H. Modal kami dari sumbangan donasi tim relawan I Care itu sendiri. Kemudian ada beberapa dari para dermawan yang menyumbangkan donasinya berupa kain, uang beserta meminjamkan dua mesin jahit untuk merangkai kain menjadi masker.

Adapun sebelum memulai membagi masker, tentu kami juga menjaga keamanan bagi diri masing-masing. Kami mulai dengan berdoa terlebih dahulu setelah itu kami membagi anggota relawan secara berkelompok di setiap lokasi yg telah ditetapkan.

Lalu kami mencuci tangan menggunakan kaos tangan plastik dan  menggunakan masker lalu membagi masker ke kelompok yg telah ditentukan. Lalu masker tersebut diserahkan ke warga yang membutuhkan.

Alhamdulillah respon dari warga sekitar sangat baik kami pun mendapat sedikit rezeki. Ada beberapa warga yang ikhlas memberi makanan dan minuman kepada kami yang sedang membagikan masker di jalan.

Adapun kendala yang kami hadapi yaitu hujan deras dan masker yang kurang.  Sebab masih belum cukup. Apalagi ketika antusias warga yang sangat bersemangat menerima masker gratis dari kami.

Pesan kami semoga warga akan selalu ingat betapa pentingnya kita menjaga diri dengan cara menggunakan masker, mencuci tangan,  meningkatkan imunitas tubuh menerapkan pola hidup bersih dan terutama selalu ingat kepada sang pencipta dan selalu berdoa untuk kesembuhan, keselamatan, dan kenyamanan untuk kita semua.

Kesannya kami sangat senang bisa melihat kebaikan warga sekitar yang sangat antusis, ramah tamah dan sangat royal dengan kegiatan yang kami adakan. Pungkas salah seorang tim I care sebut saja Kak Rizky selaku partisipan acara I Care Kabupaten Paser.*/ Antria Susilawati, kontributor Nasional.news di Kaltim
×