Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Perangkat Desa Lombok Tanah Grogot Bersama Warga Bersinergi Cegah Covid-19

Minggu, 19 April 2020 | 17:37 WIB Last Updated 2020-04-20T10:39:09Z
TANAH GROGOT - Di tengah situasi yang tak menentu karena meluasnya virus corona atau Covid-19, teladan baik ditunjukkan oleh warga desa. Meskipun turut terdampak terutama dari sisi ekonomi, warga Desa Lombok, Kelurahan Long Ikis, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur, ini tetap bersatu bahu membahu saling membantu.

Perangkat desa dan masyarakat bersinergi menggelar aksi peduli kebersihan. Dengan cara menghimbau agar tetap di rumah, serta menyemprotkan disinfektan ke rumah-rumah warga.

Kegiatan solidaritas ini dapat menambah pemahaman masyarakat untuk tidak menyepelekan virus ini. Virus corona yang hadir pada akhir desember 2019 di Wuhan, China, ini membuat seluruh dunia menjadi resah.

Bukan hanya di pedesaan maupun perkotaan. Akan tetapi, virus ini telah menjangkau nyaris seluruh dunia. Dengan korban yang terus meningkat membuat virus ini menjadi perhatian khusus.

Staf Desa Lombok sadar dan tergerak untuk mengambil langkah cepat untuk mencegah terjadinya penularan yang begitu cepat. Kegiatan penyemprotan ini disambut antusias oleh warga setempat. Himbauan demi himbauan disampaikan dengan cara berkeliling, menggunakan mobil desa.

Adapun himbauan yang disampaikan ialah melakukan aktifitas belajar, bekerja dan beribadah dari rumah. Mengingat sudah ada satu warga yang dinyatakan positif dan sudah dikarantina di posko terdekat.

"Saya merasa senang ada penyemprotan ini, ini merupakan langkah tegas dari desa kita" ujar salah satu warga yang disemprot rumahnya, Sabtu (18/4/2020).

Kegiatan ini diikuti oleh berbagai kalangan. Dari yang tua sampai yang muda ikut unjuk diri menjadi relawan penyemprotan.  "Selalu jaga kebersihan," ujar ibu RT yang mendampingi penyemprotan.

Dengan alat yang seadanya penyemprotan berjalan lancar. Dan, tak lupa pula bapak-bapak dan pemuda yang melakukan penyempyangrotan menyampaikan berbagai pesan positif berupa himbauan untuk tetap di rumah, menjaga kebersihan, memakai masker saat ingin beraktifitas di luar rumah, dan selalu mencuci tangan saat beraktifitas.

Masyarakat berharap dengan adanya aksi penyemprotan ini keadaan desa menjadi lebih aman, sehat, aman dan kondusif.*/ Laporan Meliana Kusuma, kontributor Nasional.news di Tanah Grogot
×