Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

DMI dan OKP Islam Deklarasi Gerakan "Bangkit dari Masjid" Hadapi Covid-19

Jumat, 22 Mei 2020 | 11:30 WIB Last Updated 2020-06-05T18:53:59Z
Ketua Departemen Pemuda Dewan Masjid Indonesia Arief Rosyid Hasan, menyampaikan sambutannya dalam deklarasi "Gerakan Bangkit Dari Masjid" di Masjid Raya Al Kautsar, Komplek Vila Dago, Pamulang, Tangerang, Banten (Foto: Istimewa)

BANTEN - Dewan Masjid Indonesia (DMI) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang melibatkan komunitas dan organisasi kepemudaan Islam (OKP) melakukan deklarasi "Gerakan Bangkit Dari Masjid" yang digelar di halaman Masjid Raya Al Kautsar, Komplek Vila Dago, Pamulang, Tangerang, Banten, Jum'at (22/5/2020).

Ketua Departemen Pemuda Dewan Masjid Indonesia Arief Rosyid Hasan, mengatakan deklarasi Bangkit dari Masjid memuat pesan tentang urgensi masjid sebagai pusat peradaban Islam yang tidak saja mengokohkan hubungan vertikal (hablumminallah) tetapi juga berdimensi horisontal (hablumminannas).

"Covid-19 memang membawa banyak cerita duka tetap tapi juga memiliki banyak hikmah yang diantaranya memantik rasa kesadaran kita untuk bangkit dari masjid," kata Arief Rosyid.

Deklarasi tersebut, lanjut Arief, juga senafas dengan semangat Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang kita peringati setiap 20 Mei. Deklarasi ini menurutnya menjadi momentum yang tepat untuk kembali menguatkan fungsi masjid sebagai pilar kekuatan bangsa.



"Gerakan bangkit dari masjid ini bukan saja berdampak secara sosial, tetapi juga mendapat berkah dan ridho Allah SWT, Insya Allah," imbuhnya.

Menutup sambutannya, Arief memuji DKM Masjid Al Kautsar Vila Dago Pamulang sebagai salah satu masjid yang telah memberikan teladan pelayanan dalam menghadapi wabah Covid-19.

Arief juga mengapresiasi organisasi kepemudaan Islam, para aktifits dan influencer yang selalu terdepan memberikan edukasi tentang pandemi ini.

"Kita bersama sama berikhtiar. Kita tidak memulai di sini dan berakhir di sini. Jangan sampai virus kebaikan kalah dengan virus Corona," pungkasnya.

Deklarasi Gerakan "Bangkit dari Masjid" ini dihadiri Deputi Bidang Pencegahan Lilik Kurniawan, Ketua DKM Al Kautsar Juni Sukasmono, Ketua DPD Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Tangsel Karyadi dan turut hadir memberikan dukungan aktifis nyentrik yang juga influencer dr Tirta Mandira Hudhi.

Tampak pula hadir Youtuber sekaligus selebgram muda Indira Kalista dan suaminya Gustaf Sailendra, ada juga sejumlah influencer dan selebgram serta ketua relawan milenial Sahabat Dai Suhardi Sukiman.

Hadir beserta perwakilan pimpinan OKP nasional diantaranya Pemuda Al Washliyah, Pemuda Dewan Dakwah, Gema Mathlaul Anwar, Pemuda Muslimin Indonesia, Pemuda Persatuan Umat Islam (PUI) dan Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI).
×