Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Manusia Memang Memiliki Kebebasan, Tapi Tidak Selalu Harus Dikejar

Selasa, 30 Juni 2020 | 14:11 WIB Last Updated 2020-07-01T07:12:02Z
Bagus Riyono (Foto: Youtube.com)

JAKARTA - Pegiat Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Dr Bagus Riyono mengemukakan bahwasanya peradaban adalah sebuah sistem kehidupan yang multidimensional dan dinamis. Dia menegaskan, peradaban dapat dicapai dengan dignity yang diartikan sebagai kemuliaan.

"Manusia memang memiliki freedom atau kebebasan. Namun, tidak selalu harus dikejar. Kemuliaanlah yang harus dikejar untuk mencapai sebuah peradaban," katanya.

Hal itu disampaikan dia dalam acara Dialog Nasional virtual bertajuk "Ketahanan dan Perlindungan Keluarga Dalam Konteks Perubahan Global Dan Pandemi Covid-19" digelar Perhimpunan Penggiat Keluarga (GiGa) Indonesia, Selasa (30/6/2020).

Bagus Riyono, lanjut menjelaskan bahwa andaikan perahu adalah sebuah peradaban maka sistem keluargalah sebagai pemegang kendali.

"Untuk membangun sebuah peradaban diperlukan tata nilai. Tata nilai yang dikembangkan dalam sistem masyarakat lahir dari institusi keluarga. Rusaknya keluarga akan menyebabkan runtuhnya sebuah peradaban," pungkasnya.

Dalam rangka Hari Keluarga Nasional, Perhimpunan Penggiat Keluarga berinisiatif mengajak Persatuan Umat Islam (PUI), Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), dan Gerakan Indonesia Beradab (GIB) untuk berkolaborasi bersama-sama menyelenggarakan Dialog Nasional Ketahanan dan Perlindungan Keluarga Nasional.

Kegiatan Dialog Nasional dilaksanakan pada 30 Juni 2020 melalui media daring dengan jumlah 1000 orang peserta yang mengikuti acara tersebut.

Sejumlah tokoh nasional lainnya turut hadir sebagai pembicara diantaranya yaitu Guru Besar IPB Bidang Ketahanan dan Pemberdayaan Keluarga Prof. Dr. Ir. Euis Sunarti, M.Si, Guru Besar Unpad Prof. Atip Latipulhayat S.H., LLM.,Ph.D., pegiat Gerakan Indonesia Beradab (GIB) Dr Bagus Riyono, Ketua Dewan Syura PUI Dr Ahmad Heryawan, pengusaha Sandiaga Uno dan tokoh millenial masa kini dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed. 
×