Notification

×

Iklan

Iklan

Cara Mudah Mengatasi File JFIF Ketika Download Gambar dari WhatsApp Web

Kamis, 22 Oktober 2020 | 00:09 WIB Last Updated 2021-07-31T12:38:40Z

Ilustrasi pekerja kantoran memegang kepalanya karena stres tidak bisa mengatasi download gambar dari WhatsApp di komputernya (Pixabay/ Lukasbieri)

BARANGKALI Anda pernah mengalami masalah ini, dan, beruntung, Anda segera mencari pemecahan masalahnya di Google. Anda pun diarahkan ke halaman situs ini. 


Anda sudah berada di tempat yang benar. Anda akan mendapatkan pemecahan masalah yang Anda hadapi. Bagaimana mengatasi masalah file gambar yang didownload dari Whatsapp, kok berekstensi JFIF. 


Biasanya file berekstensi JFIF ini tidak bisa diunggah ke platform situs web seperti Blogger dan Wordpress. Dan, jelas, situasi ini sangat menyebalkan. Tentu saja.


Yang perlu saya tekankan di awal, masalah ini bukanlah karena virus. Bukan juga karena laptop Anda bermasalah. Ini situasi yang normal terjadi, terutama ketika kinerja PC Anda sedang melemah. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir, cemas, apalagi sampai membanting laptop Anda.  


Tips cara mudah mengatasi komputer yang mendownload gambar dari WhatsApp berekstensi JFIF ini juga sudah dimuat di channel Nasionalnews TV. Anda dapat menontonnya di sini. 


Beberapa teman saya juga mengaku mengalami masalah ini di WhatsApp browser yang mereka gunakan. Anehnya, karena ini sering terjadi tiba-tiba. Padahal Anda tidak melakukan tindakan apapub sebelumnya seperti memencet tombol tertentu atau membuka halaman situs. 


Perlu juga saya informasikan kepada Anda, bahwa sesungguhnya walaupun file tersebut secara teknis JFIF, sebenarnya data di dalamnya adalah data JPEG; namun ada program tertentu di komputer Anda mengharapkan ekstensi tersebut. 


Jadi, Anda perlu mengecek ketika masalah ini terjadi. Apakah Anda sedang menjalankan program tertentu seperti Zoom, OBS atau aplikasi lainnya yang mungkin menarik munculnya ekstensi JFIF ini. 


Sejumlah kawan saya semalam menelpon meminta bantuan saya untuk menyelesaikan masalah yang dialaminya seperti kasus yang sedang kita bahas ini. Alexander Murphy di Kolaka bahkan memaksa saya untuk membantunya untuk menuntaskan masalah ini melalui sambungan video capture.  


Tak hanya itu, kolega saya, Gilbert Smith di Kabupaten Muna pun mengalami hal serupa. Saya mencoba menenangkan Gilbert yang bukan nama sebenarnya itu. Dia sangat terpukul dengan kondisinya itu. Stress berat beliau. Saya memaklumi. 


Sebetulnaya amat sederhana untuk menuntaskan masalah ini, Anda hanya cukup memeriksa barangkali ada yang bermasalah pada string Registry Editor perangkat Anda yang harus diperbaiki atau disesuaikan secara seksama.


Caranya gampang sekali. Anda harus masuk ke Registry Editor dulu. Ketika Registry Editor di komputer Anda terbuka lalu klik Open, kemudian beri admit dengan mengklik Yes. Lalu mulailah menjelajahi halaman Registry Editor dengan rangkaian string seperti berikut ini.


(Catatan: Urutan HKEY_CLASSES_ROOT harus tanpa spasi atau jarak, namun di bawah ini hanya contoh jadi menggunakan spasi agar tetap presisi ketika diakses):


Komputer \ HKEY_CLASSES_ROOT \ MIME \ Database \ Jenis Konten \ image / jpeg

Halaman popup window Registry Editor untuk melakukan penyesuaian ekstensi file gambar (foto: Nasional.news)

Ketika komputer Anda masih dalam kondisi bermasalah (file gambar dari WhatApp berformat JFIF), maka ujung string pada HKEY_CLASSES_ROOT setelah \image adalah \jfif . Maka, untuk menormalkannya kembali, ubahlah JFIF menjadi JPEG dengan huruf kecil. Jangan lupa memberi titik di awal ekstensi seperti ini; .jpeg


Perlu Anda ketahui bahwasanya beberapa penampil gambar memisahkan JFIF dari JPG dan tidak menampilkan file dalam urutan yang benar, jadi tips ini bisa juga digunakan untuk menyelesaikan masalah bagi yang menghadapi hal serupa.


Sebenarnya Anda dapat saja mengganti nama ekstensi file .JFIF secara manual menjadi .JPG ketika Anda menamai file yang diunduh dari WhatsApp Web tersebut dan file tersebut akan baik-baik saja. 


Namun, hal itu tentu akan memakan waktu, yang, akhirnya, menyia-nyiakan kesempatan Anda untuk bersantai, mengaji dan membaca buku. Sayang sekali, bukan.


Tonton Cara Mengatasi File Download Gambar JFIF dari WhatsApp

×
Advertisement Link di Sini