Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Upgrading SDM, Roumah Wakaf Gandeng Al Bayan Sinergy

Sabtu, 28 November 2020 | 15:00 WIB Last Updated 2020-12-02T01:18:30Z

Suasana serius tapi santai kegiatan upgrading SDM Roumah Wakaf kerjasama dengan Al Bayan Sinergy (Foto: ANS/ Nasional.news)


SURABAYA - Dalam rangka meningkatkan kompetensi, kapasitas, kapabilitas, mutu dan kualitas sumberdaya insani dalam pengelolaan zakat, wakaf, infaq dan shadaqah, lembaga filantropi Roumah Wakaf adakan upgrading SDM dengan menggandeng Al Bayan Sinergy.


Acara yang berlangsung selama 2 hari di kantor pusat Roumah Wakaf Hidayatullah Surabaya, Jum'at-Sabtu (27-28 Nopember 2020) ini menghadirkan narasumber dari Al Bayan Sinergy yang juga konsultan masalah filantropi, Suwito Fattah.


Dalam pemaparannya, Suwito menjelaskan pentingnya format idiil pengembangan dan profesionalisme dalam pengelolaan filantropi Islam terutama yang menyangkut amanah umat seperti wakaf.


Suwito menjelaskan, filantropi sejatinya dapat dimaknai sebagai upaya untuk berbagi menyalurkan sumber daya dan berderma secara terorganisir untuk kepentingan strategis jangka panjang dan berkelanjutan.


Berbagai kegiatan filantropi kini terus bertumbuh seiring dengan semakin tingginya kesadaran umat dalam gerakan keswadayaan nasional. 


Bahkan, lanjut Suwito, filantropi keagamaan kini tidak saja terbatas pada pembangunan masjid, bencana, atau pun membantu anak yatim, tetapi sudah masuk ke ranah yang lebih strategis. Misalnya, wakaf produktif untuk pemberdayaan ekonomi, pendidikan, dakwah, sosial dan kemanusiaan.


"Dalam mengemas program, perlu membaca peta corporate atau CSR dan melihat kebutuhan masyarakat. Juga tak kalah penting adalah memperhatkan skill SDM yang mampu mengkonsep program dengan baik, kemampuan lobi yang handal, dan membuat proposal yang inovatif," kata Suwito.


Lebih lanjut, Suwito berharap dengan upgrading untuk peningkatan mutu berbagai aspek ini akan semakin melejitkan gerakan filantropi dalam rangka mengangkat martabat umat, agama, bangsa dan negara.   


Senada dengan itu, Direktur Roumah Wakaf, Muhammad Chofadz, menekankan pentingnya SDM yang memiliki kecakapan dan kemampuan dalam menangkap peluang serta mengelolanya dengan baik. 


Menurut Chofadz, dalam kegiatan filantropi juga dibutuhkan SDM terampil dan mempunyai kemampuan membangun komunikasi efektif dengan berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah. 


"Juga memiliki kemampuan meng-create program sinergis antara kebutuhan stakeholder dan CSR instansi serta mampu mendesign content-content kreatif dalam membuat proposal berbasis CSR dan dana hibah," katanya. 


Acara upgrading yang berlanung intensif selama dua hari ini dibagi menjadi 5 sesi. Acara berlangsung dengan seksama dan disambut dengan antusias oleh tim managemen Roumah Wakaf.


Turut hadir dalam acara tersebut Edy Handoko selaku Manajer Markom, Muhammad Faiz selaku staf Markom, Pujito selaku Manajer Wakaf dan Adib Nursyahid selaku Manajer Marketing dan Layanan Roumah Wakaf.

×
Wakaf Yuk Amal Abadi ++