Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Muktamar ke-IV, Pemuda PUI Akan Gelar Simposium Pemuda Indonesia

Kamis, 05 November 2020 | 22:20 WIB Last Updated 2020-11-05T15:31:06Z

Ilustrasi salah satu kegiatan Pemuda Persatuan Ummat Islam (Foto: ciamiskab.go.id) 

JAKARTA - Menjadi bagian dari perubahan merupakan cita-cita banyak orang; tidak terkecuali Pemuda Persatuan Umat Islam (PUI). Menjadikan Cinta sebagai simbol persatuan dan ketulusan juga keteladanan sebagai jalan untuk tetap memperjuangkan kebaikan meski ditengah keterbatasan.


Atas khidmatnya kepada umat dan bangsa yang berkelangsungan tersebut serta sebagai bagian dari rangkaian acara menyambut Muktamar yang ke-IV, Pemuda PUI akan menggelar acara Simposium Pemuda Indonesia yang rencananya akan digelar pada Sabtu, 7 November 2020 pukul 15:30 - 17:30 WIB. 


Acara yang digelar secara virtual dan direlay melalui kanal YouTube Pemuda PUI ini menghadirkan keynote speaker Ketua Majelis Syura PUI KH Dr Ahmad Heryawan dan moderatori Pjs Ketua Umum PP Pemuda PUI Kana Kurniawan. 


Mengusung tema "103 Tahun Pemuda PUI: Mempersatukan dan Memperjuangkan Nilai-Nilai Keumatan-Kebangsaan", simposium ini menghadirkan narasumber 12 pimpinan organisasi kepemudaan yaitu M. Arief Rosyid Hasan (Ketua Pemuda Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia (DMI), Susanto Triyogo (Pjs. Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), dan Eka Permana Habibilah (Ketua Umum Pusat Pemuda PERSIS).


Kemudian ada Husin Tasrik Makrup Nasution (Ketua Umum Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PII), Imam Nawawi (Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Hidayatullah), Ervan Taufiq (Ketua Umum Pengurus Besar Pemuda Muslimin Indonesia) dan Ahmad Nawawi Arsyad (Ketua Umum DPP GEMA Math'laul Anwar). 


Narasumber lainnya Wizdan Fauran Lubis (Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Al Washlliyah), Yosse Hayatullah (Ketua Umum Jaringan Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (JPRMI Pusat), Fahmi Faishal Bahreisy (Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Al Irsyad) dan Raizal Arifin (Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda PUI Periode 2015-2020).



Dalam keterangannya, Pemuda PUI menyampaikan menyadari pentingnya kelanjutan agenda-agenda keumatan dan kebangsaan agar tetap berjalan secara adaptif dan profesional, dengan memperhatikan pedoman syariah, perundang-undangan, serta tertib organisasi yang berlaku di tengah pandemi Covid-19. 


Pemuda PUI yang berdiri sejak tanggal 21 Desember 1917 ini akan menyelenggarakan Muktamar ke-4 Pemuda PUI yang Insya Allah akan diselenggarakan di Lampung pada tanggal 10-11 November 2020 dengan 100 peserta hadir secara offline dan 100 peserta secara online (virtual).


Pemuda PUI kini telah meluaskan khidmatnya dengan jaringan sebanyak 16 Pengurus Wilayah, 54 Pengurus Daerah, 162 Pengurus Cabang, 486 Pengurus Ranting dan ratusan aset dan amal usaha serta seribu lebih majelis taklim. 


Melalui Muktamar IV Pemuda PUI yang mengusung tema "Mempersatukan Nilai Nilai Keummatan dan Kebangsaan", diharapkan kian menguatkan harmonisasi serta meneguhkan potensi dan peran ormas Islam dalam mempersatukan dan memperjuangkan nilai-nilai keumatan-kebangsaan.

×