Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Profil Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan, Tokoh Milenial Perempuan Sultra

Senin, 02 November 2020 | 10:30 WIB Last Updated 2020-11-04T14:04:17Z

Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan (Foto: dpd.go.id)

Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan, S.E., M.B.A (lahir di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), 2 September 1989; umur 31 tahun) adalah Anggota DPD RI terpilih periode 2019-2024 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara dengan perolehan suara sebesar 62.051 suara. 


Darah politik Rabia mengalir dari ayahnya, Ridwan Bae, yang merupakan politikus dari Partai Golkar dan dikenal sudah malang melintang dunia birokrasi hingga perpolitikan nasional. 


Putri Ketua DPD I Partai Golkar ini menjadi peserta perempuan termuda dalam pemilu anggota Dewan Perwakilan Daerah asal Sulawesi Tenggara (Sultra) yang kala itu masih berusia 28 tahun. 


Ketika maju sebagai salah satu calon yang berkontestasi dalam pemilihan anggota DPD RI terpilih periode 2019-2024, Wa Ode Rabia membuat kejutan. Ia bersama liaison officer (LO) yang mendampinginya menyetor sebanyak 4.376 dukungan ke KPU, dimana jumlah tersebut jauh melampaui batas dukungan yang harus disetor masing-masing calon yaitu minimal 2.000.


Kemenangan yang cukup telak Rabia dalam orkestrasi pesta demokrasi yang digelar secara serempak tersebut, tidak lepas dari figuritas dirinya yang dianggap menjadi representasi generasi milenial. 

Wa Ode Rabia Al Adawia Ridwan dalam sebuah pertemuan (Foto: Instagram/ waoderabia)


Bukan saja di organisasi politik dan parlemen, Wa Ode Rabia juga aktif berkecimpung di banyak organisasi pergerakan. Diantaranya ia menjadi anggota pengurus DPP AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia).


Pada akun resmi Instagram miliknya, Rabia juga menyertakan sejumlah lembaga atau organisasi yang digelutinya seperti Dewan Pimpinan Pusat Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (DPP MKGR), Kaukus Perempuan Parlemen Republik Indonesia (KPPRI) serta di Dewan Pimpinan Pusat Perempuan dan Suistanable Development Goals Lumbung Informasi Rakyat (DPP SDGs LIRA).


Sosok milenial yang memiliki latar belakang pendidikan Magister di London kini juga memegang amanah penting sebagai Wakil Ketua Badan Kerja Sama Parlemen Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (BKSP DPD RI).


Di halaman LinkedIn atas nama dirinya, Rabia diebut menuntaskan pendidikannya di jurusan Ekononi (Bachelor of Economics/ Entrepreneurial Studies) di Universitas Pelita Harapan (UPH) dan meraih gelar Master of Business Administration (M.B.A.) di Leeds Beckett University, Inggris. 


Adapun sejumlah pengalamannya sejak mahasiswa, Rabia pernah menjadi Public Relation di Pruton Capital, External Consultant di EY Inggris, aktif juga di Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Leeds. Kurang lebih setahun, ia menjadi Dance Coach dan selanjutnya mengampu sebagai Head of the Art & Culture Department di PPI Leeds, West Yorkshire. 


Masih di PP Leeds, Rabia menjadi panitia acara World Unite Festival University of Leeds yang digelar selama 7 hari (11-17 Februari 2013). Kegiatan World Unite Festival ini digelar sejumlah agenda diantaranya Indonesian Fair dan Tari Ratoh Duek dan Indonesian Fashion Show.


(Artikel ini adalah tulisan rintisan sebagai bagian dari proyek database profil dan biografi tokoh di kanal portal Nasional News. Pembaca bisa berkontribusi melakukan penyempurnaan dengan mengirimkan materi pendukung ke email [email protected])

×
Wakaf Yuk Amal Abadi ++