Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Inilah Azimat Rahasia Membaca Surah Tiga Qul Setiap Hari

Rabu, 02 Desember 2020 | 07:24 WIB Last Updated 2020-12-03T16:34:00Z

Ilustrasi orang berdoa dengan khusyuk (Foto: Pezibear/ Pixabay)

BAGI
seorang muslim tentu tidak asing lagi dengan tiga surah di akhir penutup kitab suci Al Qur'an ini: surah Al-Ikhlas, surah Al-Falaq, dan An-Naas. 


Surah surah tersebut tak terpisahkan, karena itu kita lebih mengenalnya dengan istilah Tiga Qul. Kata "Qul" di sini diambil dari kesamaan bunyi bacaan awal lafaz ketiga surah. 


Saking familiarnya, surah 3 Qul ini barangkali sudah menjadi bacaan andalan kita terutama di ibadah shalat lima waktu. Apalagi bagi kita yang memang tak punya stok hafalan Al Qur'an memadai. 


Umumnnya anak kecil pun sudah menghafal surah surah ini luar kepala sebab inilah surah yang paling sering dilafazkan ke telinga kita oleh orang orangtua di masa kecil kita. 


Meskipun terkesan biasa dengan ayatnya yang pendek bahkan mungkin tak terlalu merasuk ke dalam hati kita saat membacanya, namun, tahukah Anda, di balik "kesederhanaan" ketiga surah tersebut, ada kandungan azimat dan mukjizat yang mendalam.  


Bisa jadi kandungan azimat tiga Qul ini sudah kita ketahui sejak lama dari pesan yang diutarakan orangtua kita. Hanya saja, bekalan yang orangtua sampaikan itu belum dapat kita tangkap dan rasakan ke dalam sanubari. 


Ketika kita mampu mengamalkan dzikir tiga Qul ini secara mantap dan penuh keyakinan yang tinggi, akan menjadi solusi berbagai permasalahan yang kita hadapi.  


Dengan segala kerendahan hati dan pengharapan yang mendalam akan pertolongan Allah SWT, azimat tiga Qul bisa menjadi amalan yang akan menjaga kita, menenangkan dan mencukupkan kita. 


Rahasia kandungan azimat tiga Qul ini bahkan telah dengan tegas disampaikan oleh nabi kita Muhammad Rasulullah Shallallaahu Alaihi Wasallam.  


Dalam sebuah hadits Nabi diriwayatkan oleh Imam an Nasaa-i, 8/251 no. 5430-5431; dan lain-lain, Hadits Uqbah bin ‘Amir al Juhani Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata:


“Tatkala aku menuntun kendaraan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah peperangan, tiba-tiba beliau berkata: “Wahai Uqbah, katakanlah,” aku pun mendengarkan, kemudian beliau berkata (lagi): “Wahai Uqbah, katakanlah,” aku pun mendengarkan. Dan beliau mengatakannya sampai tiga kali, lalu aku bertanya: “Apa yang aku katakan?” Beliau pun bersabda: “Katakan قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ”, lalu beliau membacanya sampai selesai. Kemudian beliau membaca قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّالفَلَقِ, aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau membaca قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ, aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau bersabda: “Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang orang yang berlindung dengannya (tiga surat) tersebut”.


Hadits tersebut di atas ini dishahihkan oleh Syaikh al Albani di dalam Shahih an Nasaa-i. Jadi inilah sesungguhnya azimat agar kita selalu merasa cukup, selalu bahagia dan dalam ketenangan lahir dan batin.


Kemudian, dalam hadits yang lain, Nabi mengemukakan tentang fadilah atau keutamaan daripada amalan rutin membaca tiga Qul ini. 


Nabi bersabda, sebagaimana diriwayatkan Imam Abu Daud no. 5082, Tirmidzi no. 3575, bahwa siapa yang mengucapkannya (tiga Qul) masing-masing tiga kali ketika pagi dan petang, maka segala sesuatu akan dicukupkan untuknya. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan.


Adapun tata cara mengamalkannya relatif mudah, namun, tentu saja, membutuhkan konsistensi. Bacalah surah 3 Qul ini setiap pagi atau selepas shalat shubuh dan di sore hari selepas shalat asar. Lebih utama jika diawali dengan Al Fatihah dan Ayat Kursi. 


Rasakan efeknya setidaknya setelah sepekan Anda menjalaninya. Tetapi harus diingat, dzikir yang baik adalah yang dibaca dengan penuh kesungguhan, penuh pengharapan, penghayatan dan pendalaman penuh sungguh. 


Pendalaman, maksudnya, selami betul ayat tersebut hingga menjadi energi yang bahkan Anda pun sukar membahasakan kedahsyatannya. 


Demikianlah rahasia keutamaan yang terkandung di dalam tiga surah dalam Al Qur'an: surat Al-Ikhlas, surat Al-Falaq, dan An-Naas. 

Semoga dengan mengamalkannya, kita senantiasa diliputi kebahagiaan, keberkahan, kemuliaan, kesejahteraan dan rasa syukur terhadap segala nikmat Allah SWT yang dianugerahkan kepada kita.  
×
Dari JempolKU Beramal+