Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Aliansi Pemuda Manokwari Galang Dana Bantu Korban Bencana Sulbar dan Kalsel

Kamis, 21 Januari 2021 | 22:08 WIB Last Updated 2021-01-22T15:30:16Z

Aksi solidaritas peduli bencana yang dilakukan gabungan organisasi dalam Aliansi Pemuda Manokwari (Foto: Istimewa/ Nasional.news)

MANOKWARI -- 
Sejumlah organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Manokwari (APM) menggelar kegiatan penggalangan dana untuk korban gempa bumi di Sulawesi Barat dan korban banjir di Kalimantan Selatan di Manokwari, Papua Barat, Kamis (21/1/2021). 


Penggalangan dana untuk korban bencana itu dilakukan dengan cara turun ke jalan di sejumlah titik pusat keramaian Manokwari. Penggalangan dana ini melibatkan beberapa OKP di Manokwari, diantaranya Pemuda Hidayatullah, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Persatuan Pelajar Islam (PII) dan IKatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM).


Selain itu, turut juga dalam aksi kemanusiaan aliansi ini sejumlah lembaga seperti Dompet Peduli Lentera Hati (DPLH), Kelompok Studi Remaja Islam (Kesturi), komunitas silat IKSPI Kera Sakti, PSHT dan Remaja Masjid (Remas) Darul Ulum Amban, Manokwari.


Korlap dari Pemuda Hidayatullah, Anggun Priyanto, mengapresiasi kolaborasi jejaring organisasi kepemudaan tersebut sebagai salah satu wujud kepedulian dan solidaritas terhadap saudara saudara yang tertimpa musibah. 


"Alhamdulillah, kita sangat mengapresiasi kepada teman-teman, abang-abang, serta adik-adik yang sudah meluangkan waktunya untuk melakukan penggalangan dana ini," kata Anggun Priyanto.


Penggalangan dana yang digelar sehari oleh Aliansi Pemuda Manowkari itu berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp. 30.910.000 yang sekaligus disalurkan langsung melalui lembaga resmi kepada korban bencana. 


Sementara itu, Sekretaris Wilayah Pemuda Hidayatullah Papua Barat Jamaludin Tafalas berharap kegiatan tersebut tidak dilihat nominal hasil perhimpunannya semata. 


Tetapi, lebih dari itu, kata Jamaluddin, kolaborasi bersama pemuda Manokwari ini diharapkan juga menjadi momentum bagi kita untuk semakin memupuk rasa persaudaraan antar sesama anak bangsa. 


"Alhamdulillah ini luar biasa. Tentu kita berharap jumlah yang kita dapat bukan menjadi tolak ukur, melainkan menjadi asbab diringankannya beban cobaan yang dihadapi mereka," kata Jamaludin.


Kendati penggalangan dana ini hanya dilakukan sehari saja, namun pihaknya tetap membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang sedang dirundung bencana. 


Kata Jamaluddin, bagi masyarakat yang ingin turut membantu korban bencana, dapat berkoordinasi atau mendatangi pihaknya di Sekretariat Pemuda Hidayatullah Papua Barat yang beralamat di Jl. Trikora Arfai II.

Kegiatan penggalangan dana Aliansi Pemuda Manokwari di salah titik keramaian di Kota Manokwari (Foto: Istimewa/ Nasional.news)


"Penggalangan dana ini bentuk kepedulian dan keprihatinan kita kepada saudara-saudara kita yang tertimpa musibah," tutup Jamaludin.


Seperti diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, ini terjadi pada Jumat 15 Januari 2021 pukul 02.28 Wita. Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju, Sulbar, gempa yang berpusat di 2,98 LS, 118,94 BT atau 6 kilometer Timur Laut Majene ini menewaskan 91 orang dan sebanyak 19.435 orang mengungsi. 


Sementara Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 7 Kabupaten/Kota terdampak banjir di Provinsi Kalimantan Selatan.


Ketujuhnya antara lain Kabupaten Tapin, Kabupaten Banjar, Kota Banjar Baru, Kota Tanah Laut, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Tabalong. Hal ini berdasarkan data yang dihimpun pada pada 16 Januari 2021 pukul 10.00 WIB.


Tercatat sebanyak 27.111 rumah terendam banjir dan 112.709 warga mengungsi di Provinsi Kalimantan Selatan akibat hujan dengan intensitas sedang menyebabkan banjir yang terjadi pada Selasa (12/1/2021).

×
Dari JempolKU Beramal+