Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indahnya Wajah Baru Pasar Senen, Berkah Kepemimpinan Anies Baswedan

Minggu, 24 Januari 2021 | 06:00 WIB Last Updated 2021-01-24T07:55:02Z

Warga berfoto dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di sela meninjau Pasar Senen (Foto: Facebook Anies Baswedan)

JAKARTA - Gubernur Daerah Khusus Ibu kota (DKI) Jakarta Anies Baswedan memerkan penataan kawasan Pasar Senen dengan wajah barunya yang mentereng, tertata, indah dan menawan.


Sekretaris DPW Hidayatullah DKI Jakarta Suhardi Sukiman menyebut penataan kawasan Pasar Senen merupakan buah keberkahan untuk Jakarta di bawah kepemimpinan Anies Baswedan. 


"Bukan saja Pasar Senen, pembangunan yang dilakukan Anies merata menyasar semua sektor termasuk membangun fasilitas untuk disabilitas. Menariknya karena dilakukan secara kolektif dengan melibatkan semua unsur," katanya.  


Dia berharap penataan ini mampu mengembalikan kejayaan Pasar Senen sebagai pusat bisnis dan wisata belanja di Jakarta.


"Alhamdulillah, ini berkah buat masyarakat Jakarta juga dan warga Indonesia secara umum karena ibukota negaranya semakin cantik dan indah. Semakin maju kotanya, bahagia warganya," kata warga Jakarta Timur ini dalam obrolan, Ahad. 


Pegiat sosial kemasyarakatan ini berharap di bawah kepemimpinan Anies Baswedan, Jakarta semakin maju dan modern seiring dengan gagasan sang Gubernur untuk menjadikan kota ini sebagai kota maju dengan pelibatan semua lapisan masyarakat melalui program Smart Collaboration.


"Jakarta yang maju dan bahagia, saya kira, teraksentuasi dengan ide Jakarta 4.0 dimana masyarakat menjadi co-creator dan pemerintah menjadi kolaborator," kata Suhardi. 


Jadi, dia menambahkan, Jakarta tidak saja tentang kemajuan wisata, modernitas dan metropolisnya, "tetapi juga soal perjumpaan warga masyarakat dalam berbagai kolaborasi," kata Suhardi.


Sebelumnya, Anies Baswedan melalui akun Facebook miliknya pada Sabtu, 23 Januari 2020 memamerkan keindahan dan rapinya penataan Pasar Senen. 


"Ketika menata Kawasan Pasar Senen, berarti harus menata mobilitas semua orang dan kegiatan dalam satu kawasan utuh," tulis Anies.



Kawasan Pasar Senen merupakan salah satu hub potensial untuk dikembangkan sebagai Transit Oriented Development (TOD). Karena itu tidak hanya membangun Ekstensi Lintas Bawah untuk kendaraan, kita membangun fasilitas untuk perpindahan manusianya. 


Halte Senen direvitalisasi menjadi lebih lebar, dua JPO baru yang dilengkapi lift, memperbaiki alur kendaraan dengan mengutamakan pejalan kaki, pesepeda dan transportasi publik. 


Melanjutkan penataan jalur pedestrian dari koridor Kramat Raya, dilengkapi bus stop dan signage baru. Penataan terintegrasi kawasan Stasiun Senen. Jalur hijau dan taman-taman dipercantik, penerangan jalan ditambah.


Anies menyebut, saat ini sedang berlangsung pembangunan Pasar Senen Jaya Blok I dan II, yang akan terhubung langsung dengan Halte TransJakarta. 


Ketika tuntas akan makin memperindah #WajahBaruSenen dan mengembalikan kejayaan Kawasan Pasar Senen sebagai pusat bisnis dan wisata belanja, pungkasnya.

×
Dari JempolKU Beramal+