Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

ITS-BMH Salurkan Bantuan di Daerah Pengungsian Terisolir Majene

Minggu, 17 Januari 2021 | 14:13 WIB Last Updated 2021-01-17T15:39:50Z

Membagikan makanan dan minuman kepada anak warga korban gempa bumi Sulbar (Wawan/ Nasional.news)

MAJENE - Setelah melakukan perjalanan darat dari Makassar, Tim ITS Peduli Gempa Sulbar dan BMH Sulsel sampai di Majene pukul 00.30 Wita tadi malam, Ahad (17/1/2021).


Tim langsung mendirikan tenda daerah terisolir di Posko Pengungsian Desa Mekkatta Selatan, Malunda, Majene. Para pengungsi yang terdiri dari 42 KK tersebut berada di kebun milik warga yang ada di pegunungan. Lokasi pengungsian sulit dijangkau dan belum mendapatkan bantuan.


Pagi tadi, tim langsung mendistribusikan makanan dan susu kepada pengungsi yang berada di tenda-tenda. 


Menurut Korlap Tim ITS-BMH, Syamsuddin, mengungkapkan pengungsi membutuhkan bantuan makanan, tenda, makanan bayi dan obat-obatan. Mereka trauma dan belum berani kembali ke rumah masing-masing.


Khususnya kecamatan Malunda kondisi warga sangat memprihatinkan disebabkan harus mengungsi ke gunung-gunung serta sangat membutuhkan penanganan medis. Banyak warga yang terkena dampak reruntuhan bangunan.

Membuka posko bantuan (Wawan/ Nasional.news)


Kepala Dusun, Dahinang mengucapkan terima kasih atas bantuan BMH-ITS. “Terima kasih sudah memberikan nantuan kepada kami. Sekarang ini memang banyak di antara pengungsi yang mengalami kesusahan bahan pokok makanan,” tutur Dahinang.


Jelang siang, tim mendirikan posko bersama ITS, BMH, SAR Hidayatullah untuk menjalankan program evakuasi dan penyiapan dapur umum untuk para pengungsi. 


Sebagaimana diketahui, gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, yang terjadi pada Jumat 15 Januari 2021 pukul 02.28 Wita.


Gempa yang berpusat di 2,98 LS, 118,94 BT atau 6 kilometer Timur Laut Majene ini juga mengakibatkan jaringan telekomunikasi terputus dan sejumlah infrastrukur bangunan rubuh termasuk gedung Kantor Gubernur Sulbar.


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, lokasi gempa 2.99 Lintang Selatan (LS), 118.89 Bujur Timur (BT). Pusat gempa 4 km Barat Laut Mejene, Sulawesi Barat. BMKG menyatakan, gempa pada kedalaman 10 kilometer tersebut, tidak berpotensi tsunami.*/Wawan

×
Dari JempolKU Beramal+