Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

BMH Dukung Pemberdayaan Ekonomi 100 Rumah Qur'an

Rabu, 24 Maret 2021 | 17:30 WIB Last Updated 2021-03-25T00:01:23Z


JAKARTA - Dalam rangka mendukung pemberdayaan ekonomi 100 Rumah Qur'an, Laznas BMH memberi pelatihan pengelolaan budidaya cabai bagi pengurus dan santri jaringan RQH yang kali ini digelar di Rumah Qur'an Jayakarta, Poltangan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (24/3/2021). 


Dalam kesempatan tersebut, instruktur Mahmudin yang juga mengepalai Kebun Hidroponik Hidayatullah Depok yang dikelola oleh BMH, membagikan ilmu mengenai teknik penanaman cabai yang mudah, murah dan produktif sehingga diharapkan dapat menunjang pemberdayaan ekonomi komunitas.


"Kita tahu harga cabai sekarang mahal sekali. Nilai ekonomis cabai memang sangat potensial untuk menunjang pemberdayaan ekonomi, selain juga untuk kebutuhan konsumsi sendiri," katanya. 


Dengan harga cabai khususnya cabai rawit yang mengalami peningkatan yang cukup tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia tersebut, sehingga hal ini berdampak pada daya beli masyarakat.


Kenaikan harga cabai rawit yang melambung tinggi ini juga akan memberatkan para konsumen, terlebih kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung telah mengakibatkan perekonomian yang sulit. 


Karena harganya yang mahal, menanam cabai rawit di rumah atau di lahan-lahan tersedia di komplek Rumah Qur'an menjadi solusi untuk bisa menghemat pengeluaran. 


"Karena itu, dengan bekal pengetahuan dan praktik ini, Rumah Qur'an bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan bahkan bisa diniagakan untuk kemandirian dan pemberdayaan santri," katanya. 


Kegiatan berlangsung interaktif yang digelar secara sekemuka sehingga pengurus dan santri bisa melihat langsung teknik pembudidayaan cabai dengan memanfaatkan wadah pot ini. 


Ada juga metode penanaman cabai lain yang sempat disampaikan instruktur yaitu dengan teknik fertigasi kapiler. Model penanaman ini juga relatif mudah sehingga bisa diaplikasikan di rumah atau di asrama Rumah Qur'an.


RQH saat ini memiliki sedikitinya 128 Rumah Qur'an yang terbesar di beragai titik di Jakarta. Program yang didukung oleh BMH ini hadir dalam rangka khidmat keumatan terutama dalam pengentasan buta aksara Al Qur'an di berbagai lapisan masyarakat.

×
Dari JempolKU Beramal+